SOLOPOS.COM - Dragon Hole (www.youtube.com)

Penemuan terbaru ilmuwan Tiongkok mengungkap kedalaman blue hole terdalam di dunia.

Solopos.com, SOLO – Ilmuwan Tiongkok menemukan lubang biru terdalam di dunia di Laut China Selatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kantor berita Xinhua  mengatakan Dragon Hole memiliki dalam 987 kaki atau setara 300,8 meter lebih dalam 300 kaki atau 91 meter dari Dean Blue Hole di Bahama.

Lubang biru adalah lubang raksasa di laut yang memiliki kedalaman hingga ratusan kaki. Disebut lubang biru atau blue hole karena dari ketinggian lubang ini terlihat berwarna biru mencolok.

Dragon Hole yang berhasil ditemukan ilmuwan Tiongkok terletak di Kepulauan Paracel yang juga dikenal dengan Xisha dalam bahasa Tiongkok. Kepulauan tersebut masih berstatus sengketa yang diklaim oleh tiga negara yakni Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam.

Lubang biru Dragon Hole sebenarnya sudah dikenal masyarakat setempat selama berabad-abad. Pelayan lokal mengatakan tempat tersebut merupakan tempat di mana Raja Monyet di novel Journey to the West menemukan gada emasnya.

“Ilmuwan yang meneliti lebih dalam Dragon Hole memberikan catatan lebih perinci tentang bagaimana suhu atau tingkat air mengalami perubahan selama puluhan ribu tahun. Setelah memiliki data itu, kita bisa mengurangi paten evolusi perubahan iklim di Laut China Selatan, termasuk ekosistem, hidrologi, dan bentuknya,” kata professor  Yang Zousheng kepada CCTV, seperti dilansir Huffingtonpost, Jumat (29/7/2016).

Balai Penelitian Perlindungan Coral Tiongkok mengatakan kepada Xinhua bahwa mereka sudah menemukan 20 spesies ikan di lubang biru tersebut, kendati mereka terkonsentrasi di bagian atas lubang, mengingat tidak ada oksigen di dasar lubang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya