SOLOPOS.COM - Salah satu ular piton yang ditemukan di Florida (Everglades.com)

Solopos.com, FLORIDA – Seekor ular piton raksasa berjenis burma ditemukan di Everglades, Florida, Amerikas Serikat (AS). Piton yang panjangnya 5,5 meter ini ditemukan di daerah tanggul oleh seorang insinyur saat melakukan pemeriksaan ruti.

Mashable, Kamis (6/2/2014), piton ini tercatatat sebagai kedua terbesar yang titemukan di negara bagian itu. Terbesar pertama mencatatkan rekor lebih panjang 15 cm dari temuan ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penemunya menyebutkan ular ini didapat ketika melakukan pemeriksaan rutin di daerah sekitar tanggul di wilayah tersebut.

Menurut data dari Florida Fish and Wildlife Conservation Commission, ular piton burma ini hanya lebih pendek 6 inci dari rekor negara bagian tersebut sebesar 18 kaki 6 inci yang dipelihara oleh seorang kolektor ular di negara bagian ini.

Juru bicara komisi, Katie Johnson mengatakan ular piton burma sebenarnya dapat tumbuh hingga lebih dari 6 meter di habitat asli mereka di Asia Tenggara.

Florida saat ini sedang dibuat bingung oleh banyaknya ular piton di daerah itu. Hal ini mengingat ular piton telah memakan spesies asli wilayah tersebut dan juga sumber makanan mereka. Fenomena ini memicu kekhawatiran bahwa ular predator ini akan mengubah ekosistem sekitar wilayah negara bagian tersebut.

Populasi piton di Florida telah tumbuh sebanyak 150 ribu ekor terutama di sekitaran Everglades. Tanggul jadi tempat yang lazim untuk menemukan ular piton itu. Biasanya mereka berbaring selama berjam-jam pada suatu waktu untuk memanaskan badan mereka di bawah sinar matahari.

Selasa (4/2/2014) dikabarkan piton burma itu telah tewas dan mayatnya dibawa ke University of Florida. Disana piton akan diukur dan dipelajari. Para ilmuwan dan mencoba untuk menemukan cara memerangi spesiesnya yang beredar secara liar di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya