SOLOPOS.COM - Penemuan tulang binatang Bantul. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, BANTUL-Sampai saat ini belum ada institusi resmi yang menyatakan penemuan tulang di Dusun Umbul, Desa Tamanan, Banguntapan Bantul, sebagai kerangka dinosaurus. Adapun pemilik lahan tempat penemuan Dwi Dagdo memiliki pandangan yang berbeda dari anggapan masyarakat.

Dwi Dagdo mengatakan, sejarah keluarganya tidak pernah menguburkan bangkai hewan kuda, sapi atau kerbau di tanah tersebut. Ia menduga, kerangka itu adalah hewan kuda milik Kraton Jogja saat masih berdiri di Pleret Bantul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat zaman Kraton Pleret kata Dwi, Dusun Umbul merupakan area pemandian raja Mataram. Itu pula kenapa dusun ini dinamakan umbul yang berarti mata air. Bahkan sisa sejarah kebudayaan Mataram itu masih ada sampai sekarang, berupa bekas benteng lokasi pemandian yang berdiri sebagian karena ditopang akar pohon beringin.

Ekspedisi Mudik 2024

Dwi menduga, kerangka tersebut adalah kerangka hewan kesayangan milik raja atau disebut Klangenan dalam tradisi Jawa.

“Di sini ini memang dulu tempat permandian, sering saat warga menggali tanah menemukan sisa bangunan semen di dalam tanah,” kisah Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya