SOLOPOS.COM - Situs Bedingin di Dusun Bedingin, Sendangadi, Kecamatan Mlati. (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Harianjogja.com, SLEMAN- Tim ekskavasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY menduga ada candi yang cukup besar di bawah lokasi penemuan benda purbakala di Dusun Bedingin, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Penggalian sulit dilakukan karena terkendala kondisi dan status lahan tersebut.

Kepala Seksi Perlindungan BPCB DIY, Wahyu Astuti mengatakan, selain antefix dan makara, pihaknya masih menemukan sisi genta candi dan sebuah periuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Periuk ini berisikan lempengan emas dan lempengan perak. Lempengan emas ini ada tulisannya, namun karena kecil masih belum bisa terbaca.

“Kami masih mendalami lempengan emas dan sisi genta ini. Jika melirik dua benda ini sangat dimungkinkan ada candi yang cukup besar di bawah sini. Perkiraan kami candinya masih dibawah lagi, sebab yang kami temukan merupakan benda bagian atap saja,” jelas Wahyu.

Wahyu menuturkan, melihat struktur candi yang sudah ketemu, sangat dimungkinkan candi ini runtuh ke arah Selatan dan Barat Daya. “Untuk itu kami akan menggali sebelah sana,” terangnya.

Wahyu mengaku, sedikit kesulitan dengan upaya ekskavasi yang akan dilakukan ini. Menurutnya salah satu yang menyulitkan adalah, di atas situs tersebut sudah berdiri bangunan rumah.

“Penemuan situs ini juga saat kontraktor akan membuat septictank. Jadi situs ini sangat dalam di bawah. Untuk mengetahui lebih banyak kami harus membongkar lahan lebih luas. Hal ini sulit kami lakukan sebab di atas situs sudah berdiri rumah. Kalau membebaskan harganya pasti sangat mahal,” jelas Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya