SOLOPOS.COM - Situs Bedingin di Dusun Bedingin, Sendangadi, Kecamatan Mlati. (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Harianjogja.com, SLEMAN – Tim ekskavasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY hingga kini telah menemukan 19 blok batu di lokasi penemuan benda purbakala Dusun Bedingin, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Sleman.

Benda-benda yang diduga benda purbakala ini telah diamankan di kantor BPCB DIY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami juga menemukan antefix dan makara. Dua jenis batuan yang dihias ini merupakan bangunan candi. Kami yakin di sini adalah candi, namun kami belum mengatahui bangunan atau skemanya,” kata Pokja Perlindungan BPJB, Muhammad Taufik, Kamis (14/11/2013).

Taufik mengaku belum mengetahui apakah bangunan yang diduga candi itu peninggalan zaman Buddha atau Hindu. Pasalnya, penemuan masih bersifat serpihan bukan yang utama.

“Kami diberi waktu 10 hari atau hingga 21 November mendatang untuk menggali yang ada di sini. Nanti semua temuan akan kami teliti lebih lanjut di kantor dan akan keluar keputusan apakah akan dilanjutkan untuk ekskavasi lanjutan atau tidak,” jelas Taufik.

Taufik mengaku, sejauh ini memang banyak ditemukan serpihan situs di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Serpihan ini ada yang berbentuk candi kecil hingga relief patung.

Melihat bentuk batunya, Taufik memperkirakan, candi ini cukup besar. Sebab relief makara biasanya menjadi pintu masuk untuk candi-candi yang ukurannya sedang dan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya