PENEMUAN BAYI SOLO: Wah, Bayi Dilan Kebanjiran Pengunjung dari Soloraya

PENEMUAN BAYI SOLO: Wah, Bayi Dilan Kebanjiran Pengunjung dari Soloraya

SOLOPOS.COM - Kapolsek Jebres Kompol Juliana BR Bangun mengendong bayi yang ditemukan di depan warung makan Jl. Ir.Juanda, Kampung Sewu, Kelurahan, Sewu, Jebres, Selasa (27/2/2018). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Bayi Dilan kebanjiran pengunjung.

Solopos.com, SOLO—Dilan bayi laki-laki yang ditemukan warga di depan warung makan dan tambal ban di Jl. Ir. Juanda Kampung Sewu RT 002 RW 004, Kelurahan Sewu, Jebres, Solo, Selasa (27/2/2018), didatangi banyak pengunjung. Bayi ini kini berada di Klinik Bhayangkara.

Di sisi lain, Unit Reskrim Polsek Jebres menyisir semua Puskesmas dan klinik di wilayah Jebres untuk menemukan jejak orang tua bayi.

"Kami sampai sekarang belum menemukan orang tua pembuang bayi di pinggir jalan. Satu orang saksi baru diperiksa dalam kasus ini yakni warga yang kali pertama menemukan bayi," ujar Kapolsek Jebres Kompol Juliana BR Bangun mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo saat ditemui wartawan di Mapolsek Jebres, Rabu (28/2/2018).

Juliana menjelaskan saat melakukan penyisiran di Puskesmas dan klinik petugas meminta data rekam medis semua pasien ibu hamil yang melahirkan selama Februari 2018. Petugas mengantongi ada 10 ibu hamil yang melahirkan pada Februari 2018. (baca: PENEMUAN BAYI SOLO : Kisah Penemu Bayi di Jebres, Sempat Dikira Tangisan Makhluk Gaib)

"Saya sudah mendatangi rumah mereka dan hasilnya anak yang dilahirkan masih ada. Petugas punya bukti kuat bayi yang dibuang di pinggir jalan hasil hubungan gelap," kata dia.

Polsek Jebres, lanjut dia, menduga orang tua bayi (Dilan) bukan dari warga Jebres. Hal itu diperkuat dengan lokasi kejadian merupakan jalan penghubung antara kecamatan, yakni Pasar Kliwon, Jebres, dan Banjarsari.

"Kami menerima informasi dari Klinik Bhayangkara puluhan warga dari Soloraya, Jakarta, dan Bandung mau mengadopsi bayi [Dilan]. Polsek Jebres tidak bisa memutuskan soal adopsi bayi karena ranahnya Dinsos [Dinas Sosial] Solo," kata dia.

Seorang bidan Klinik Bhayangkara, Nuning Wahyu, mengungkapkan kondisi bayi (Dilan) semakin membaik. Selain itu, minum susunya juga bertambah banyak sehingga membuat berat badanya naik dari sebelumnya 2,4 kg menjadi 2,5 kg.

"Bayi [Dilan] sejak dirawat di Klinik Bhayangkara banyak didatangi warga dari Soloraya untuk melihat langsung kondisi bayi. Kami juga mendapati warga yang datang ke sini [Klinik Bhayangkara] dengan tujuan mendaftar untuk mengadopsi bayi," kata Nuning.

Ia menambahkan banyaknya pengunjung yang datang untuk menjenguk bayi membuat pihak pengelola Klinik Bhayangkara membatasi jadwal besuk mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemkot Jogja Ingatkan Warganya Tidak Lakukan Takbir Keliling

Pemkot Jogja melarang warganya menggelar takbir keliling. Takbir hanya boleh dilaksanakan di masjid di wilayah masing-masing.

Lebaran 2021: Jumlah Pemudik ke Sukoharjo Lebih Sedikit Dibanding Tahun Lalu

Jumlah perantau yang mudik ke Sukoharjo pada Lebaran kali ini lebih sedikit daripada tahun 2020.

Jelang Lebaran, Satpol PP Klaten Garuk 3 Pasangan Tak Resmi di Hotel Melati

Tim gabungan menyasar ke sejumlah hotel melati di kawasan kota dan Klaten bagian timur, total hotel yang disasar mencapai empat sampai lima hotel.

ABG Sopir VW Kuning Penabrak Polisi di Pos Penyekatan Klaten Mediasi dengan Korban, Hasilnya?

ABGpenabrak polisi di pos penyekatan pemudik di Klaten dengan mobil VW kuning telah menjalani mediasi dengan korban.

Jangan Sembrono Makan! 5 Penyakit Ini Rentan Muncul Pasca Lebaran

Inilah lima penyakit yang rentan muncul pasca Lebaran karena konsumsi makanan yang tak terkontrol saat Hari Raya Idulfitri.

Libur Lebaran 2021, Ini Jasa Pengiriman yang Tetap Beroperasi

Meski masa libur lebaran, beberapa ekspedisi pengiriman barang diantaranya Pos Indonesia dan JNE tetap beroperasi.

Mercedes Benz Siapkan Van Listrik EQT Concept

Mercedes-Benz memperkenalkan van listrik untuk keluarga meskipun masih dalam bentuk konsep.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?

Geger Warga India Positif Covid-19, Kantor Imigrasi Pastikan Tidak Ada Penambahan WNA di Soloraya

137 Orang WNA India berada di kawasan Soloraya, rata-rata mereka bekerja sebagai ahli di bidang tertentu misalnya garmen.

Polres Bantul Masih Kesulitan Melacak Keberadaan R Terkait Kasus Satai Beracun

Polres Bantul belum mampu mengungkap keberadaan R terkait kasus satai beracun. Polisi kesulitan melacak karena handphone R mati.

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.