SOLOPOS.COM - Ilustrasi dipole coil resonant system, pengisi daya nirkabel (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Peneliti asal Korea Selatan telah meluncurkan sebuah sistem pengisian daya telepon seluler (ponsel) nirkabel terpanjang dari rekor sebelumnya. Sistem ini dapat mengirimkan daya tanpa kabel dari jarak 5 meter kepada lebih dari 40 ponsel dalam kurun waktu bersamaan.

Sebuah sistem bernama dipole coil resonant system kini diyakini sebagai sistem daya nirkabel terjauh yang pernah dikembangkan. Dengan jarak daya pemakaian hingga 5 meter, perangkat ini bahkan dapat berfungsi sebagai alat untuk menyalakan sebuah televisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berbagai cara mengisi daya baterai pada perangkat elektronik telah berubah pesat selama beberapa dekade terakhir menjadi non kabel,” kata para peneliti sebagaimana dikutip Daily Mail, Selasa (22/4/2014).

Chun T. Rim, seorang profesor ahli nuklir dari KAIST di Korea Selatan mengatakan sistem ini juga dapat digunakan sebagai daya pada alat elektronik yang lebih besar seperti pesawat televisi LED layar lebar dari jarak 5 meter dari perangkat ini diletakkan.

Sedangkan untuk mengisi daya ponsel, pengguna hanya perlu menempatkan ponsel mereka pada sebuah pad khusus. Dengan cara ini, mereka tak perlu mengeluarkan ponsel dari tas ataupun saku mereka.

Meskipun mereka mengakui pengisian daya masih dalam tahap awal komersialisasi dan memerlukan biaya yang cukup mahal untuk terealisasikan, namun mereka percaya penemuan ini dapat menjadi alternatif yang tepat dalam mengisi daya di masa depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya