SOLOPOS.COM - Berlian berkadar 232 karat ditemukan di Afrika Selatan (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah berlian berkadar 232 karat berukuran besar kembali ditemukan. Berlian berwarna bening itu ditemukan oleh Petra Diamonds yang bermarkas di Jersey, Inggris di tambang Cullinan, Afrika Selatan.

Berlian tipe II ini ditaksir oleh empat analis bernilai jual sangat fantastis yakni mencapai 10 juta poundsterling atau setara Rp191 miliar.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Diperkirakan berlian ini telah terbentuk dalam waktu cukup lama sehingga dapat mencapai ukuran besar dan berbentuk tidak teratur.

Berlian ini tidak memiliki nitrogen yang dapat diukur, sehingga menjadikan batu mulia ini memiliki tingkat kecerahan yang sangat bagus.

Dilansir Daily Mail, Selasa (9/9/2014), Cullinan memang dikenal sebagai tambang permata terbesar di dunia. Para penambang Cullinan pernah menemukan berlian dengan kadar 3.106 karat pada tahun 1905.

Berlian tersebut kemudian dipotong menjadi beberapa bagian. Salah satu potongannya dijadikan sebagai salah satu bagian dari mahkota kerajaan Inggris.

Salah seorang juru bicara Cullinan mengatakan permata yang baru saja ditemukan merupakan salah satu berlian berkualitas tinggi yang pernah mereka temukan.

Sebelumnya, mereka juga pernah menemukan sebuah permata bening berukuran besar dengan kadar 507 karat. Permata tersebut terjual dengan harga 21 juta poundsterling atau senilai Rp402 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya