SOLOPOS.COM - Salah satu lukisan di Angkor Wat (sciencemag.org)

Solopos.com, SOLO – Kuil terkenal Angkor Wat yang terletak di Kamboja masih menyimpan banyak misteri. Di antaranya adalah lukisan tak kasat mata yang terdapat di kuil tersebut. setelah melakukan berbagai penelitian, sebanyak 200 lukisan berhasil terkuak oleh tim arkeolog.

Dikutip Science.mag.org, Selasa (27/5/2014), Angkor Wat merupakan kuil yang dibangun pada awal abad ke-12. Candi itu dirancang dengan arsitekur ikonik Kamboja yang sangat rumit.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kuil ini memiliki ukuran yang sangat besar, salah satu candi bahkan mencapai panjang satu kilometer. Kecurigaan tim arkeolog bahwa candi itu pernah dicat ulang membuat mereka gencar melakukan penelitian.

Kecurigaan mereka terbukti setelah mereka menemukan jejak lukisan samar-samar dengan pigmen warna merah dan hitam di beberapa ruangan Angkor Wat. Tim arkeolog lalu berusaha memastikan gambar tersebut dengan menggunakan penerangan dan alat analisis digital khusus guna meningkatkan kualitas gambar.

Dari analisis tersebut, tim arkeolog menemukan lebih dari 200 gambar tersembunyi yang terdiri atas gambar perahu, dewa, bangunan, dan hewan. Susunan gambar yang mereka temukan di Angkor War sangatlah tak beraturan kerena telah terabaikan sejak tahun 1431.

Para arkelolog memperkirakan lukisan tersebut mungkin merupakan sisa pemugaran dari kuil Hindu ke Budha. Penemuan itu setidaknya memberikan wawasan baru mengenai sejarah Kamboja yang catatannya masih terlalu minim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya