SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Penemuan baru kali ini mengulas soal kemunculan planet baru yang mirip dengan Jupiter.

Solopos.com, SOLO — Para ahli astronomi menemukan planet baru yang memiliki ciri-ciri mirip planet Jupiter. Tak ayal, planet yang berada di radius 100 cahaya dari Bumi ini, disebut sebagai Baby Jupiter atau Jupiter Kecil.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Dilansir Kiwikidsnews.co.nz, Selasa (18/8/2015), planet baru Baby Jupiter diklaim sebagai Jupiter versi muda.

Secara ilmiah, Baby Jupiter diberi nama 51 Eridani b dan diperkirakan berusia 20 juta tahun. Dalam hitungan astronomi, usia planet ini termasuk kategori planet muda.

Proses penemuan Baby Jupiter dilakukan sejumlah peneliti dengan bantuan  teleskop Gemini Planet Imager (GPI), oleh Gemini Observatory di Chile, Amerika Selatan.

Menurut para peneliti, Baby Jupiter ini memiliki bobot lebih berat dari massa Jupiter yang selama ini menjadi planet terbesar di tata surya. Hal tersebut dipengaruhi  suhu rendah dan kandungan khas gas metana yang cukup dominan di planet baru tersebut.

“Suhu rendah dan gas metana yang kuat yang ada di 51 Eridani b membuatnya mirip dengan Jupiter,” kata astronom, James Graham, sebagaimana dilansir Softpedia, Senin (17/8/2015).

Para peneliti memperkirakan Baby Jupiter bercahaya redup dengan suhu 430 derajat Celsius atau sekitar 800 Fahrenheit. Suhu tersebut lebih dingin dari Jupiter.

Jupiter sendiri merupakan planet terbesar di tata surya. Menurut para ahli, ukuran Jupiter bisa meliputi 1.300 Bumi. Perputaran Jupiter juga sangat cepat, dengan rotasi yang hanya memerlukan waktu sekitar 10 jam dalam satu hari. Meski begitu, satu tahun di Jupiter berlangsung lama, yaitu 12 tahun di bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya