SOLOPOS.COM - Berlian biru yang ditemukan di Afrika Selatan (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Berlian berwarna biru sebesar 122,52 karat secara mengejutkan ditemukan di tambang Cullinan, Afrika Selatan. Temuan langka ini diperkirakan akan menjadi berlian paling mahal dan berharga dari yang pernah ditemukan sebelumnya.

Perusahaan berlian dari Inggris, Petra Diamonds mengatakan penemuan di salah satu lokasi tambang mereka di Culinan, Pretoria, Afrika Selatan ini merupakan sebuah berlian yang luar biasa. Permata berukuran mirip dengan buah stoberi ini diperkirakan mampu menggeser rekor penjualan berlian termahal di dunia senilai 20 juta pounsterling atau senilai Rp400 miliar pada tahun 2010 silam.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Berlian langka yang berhasil ditemukan merupakan temuan yang benar-benar signifikan,” kata perusahaan tersebut dalam pernyataannya sebagaimana dikutip Daily Mail, Jumat (13/6/2014).

Sebagai salah satu perusahaan pertambangan berlian besar, Petra pernah memegang rekor penjualan berlian termahal di dunia pada Februari 2010 silam. Saat itu mereka menjual berlian putih kasar sebesar 507 karat yang juga ditemukan dari Cullinan, Afrika Selatan. Tapi kini mereka yakin berlian biru yang berhasil mereka temukan bakal menggeser rekor tersebut.

Tambang di Culinnan merupakan salah satu tambang yang banyak menyimpan permata bernilai ekonomi tinggi. Salah satu permata terkenal yang pernah ditemukan adalah di tahun 1905 yang pernah dipamerkan dalam pemeran mahkota kerajaan Inggris yang diadakan di Tower of London, Inggris.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya