SOLOPOS.COM - Penemuan telur pterosaur di China (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Penemuan baru terjadi di China. Sedikitnya lima buah telur raksasa dari hewan reptil purba berjenis pterosaurus ditemukan di China. Peneliti menduga bahwa telur yang ditemukan merupakan peninggalan dari pterosaurus yang sebelumnya belum diketahui secara pasti nama spesiesnya.

Beberapa fosil yang ditemukan oleh peneliti di Provinsi Xinjiang, China setidaknya memberikan informasi mengenai hewan yang hidup di daerah tersebut yang didominasi oleh burung yang hidup dalam koloni bersarang besar. Sebanyak lima telur fosil utuh ditemukan bersama dengan tulang-tulang hewan purba pterosaurus dan jenis hamipterus.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Penemuan dari spesies pterosaurus dengan hamipterus membuat peneliti menyimpulkan bahwa hewan purba ini mampu hidup berdampingan dan saling berteman.

“Kombinasi dari telur pterosaurus dan fosil hamipterus menunjukkan spesies ini senang berteman,” kata pemimpin penelitian, Dr Wang Xiaolin daru Chinese Academy of Academi of Sciences, Beijing, China.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Curreny Biology, telur pterosaurus yang ditemukan memiliki stuktur cangkang yang kasar seperti kebanyakan telur reptil. Sebaliknya, telur tersebut memiliki sifat lentur dan tipis yang melapisi membran tebal.

Dikutip Daily Mail, Kamis (5/6/2014), ptesaurus diperkirakan telah punah dalam badai besar yang melanda koloni mereka di Turpan Hami Basin, selatan pegunungan Tian Shan, China sekitar 120 juta tahun yang lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya