SOLOPOS.COM - Senjata cakar besi dari suku Moche (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sepasang senjata cakar besi tajam yang diyakini digunakan peranti ritual pertempuran ditemukan oleh para arkeolog di Peru. Artefak yang diyakini sebagai peninggalan bangsa Moche  tersebut ditemukan di sebuah makam milik seorang bangsawan.

Para peneliti meyakini bahwa senjata cakar tersebut dirancang untuk sebuah ritual pertempuran yang identik dengan kostum dari kulit binatang. Cakar tersebut merupakan hadiah untuk pemenang dalam ritual pertempuran yang diikuti oleh dua orang laki-laki. Sedangkan bagi yang kalah tubuhnya akan dikorbankan untuk persembahan bagi para dewa.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Peneliti tak hanya menemukan sepasang cakar, mereka juga menemukan beberapa artefak lain berupa tongkat, anting-anting, dan masker. Santiago Uceda, seorang arkeolog yang terlibat dalam penggalian ini mengatakan penemuan artefak tersebut merupakan simbol kekuasaan dan status di masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

“’Tongkat menandakan kekuasaan, anting-anting merupakan simbol status, sedangkan potongan keramik merupakan barang khas yang dimiliki seorang tokoh elite,” kata Santiago Uceda sebagaimana dilansir Daily Mail, Sabtu (12/7/2014).

Artefak tersebut diyakini berumur lebih dari 1.500 tahun dari peradaban Moche yang berpusat di sekitar Trujillo, Peru sebelum peradaban suku Inca. Beberapa tulang yang ditemukan di dalam area pemakaman juga membuat peneliti penasaran untuk meneliti lebih dalam suku ini.

Ahli dari Amerika Serikat pun dihadirkan demi menguak teka-teki ini. Dalam waktu enam bulan, peneliti diharapkan segera menguak misteri suku ini, mulai dari usia objek hingga peradaban di suku tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya