SOLOPOS.COM - Phinoqio Rex (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, WASHINGTON– Pinokio Rex, sepupu dinosaurus pemakan daging, T-rex julukannya terdengar lucu, tetapi kelucuan tersebut akan sirna ketika Anda mengetahui dinosaurus temuan terbaru ilmuwan ini dapat dengan mudah melahap manusia hidup- hidup.

Hal tersebut dikarenakan selain memiliki tubuh hingga 30 kaki atau sekitar 9 meter, Pinokia Rex juga mempunyai moncong yang panjang dibanding Tyrannosaurus rex. Karena moncongnya yang panjang tersebut, dinosaurus pemakan daging ini dijuluki seperti boneka dalam dongeng yang mempunyai hidung panjang kalau berbohong, Pinokio.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

“Ini adalah generasi baru Tyrannosaurus rex, dengan moncong panjang dan banyak tanduk di tengkoraknya, sangat berbeda dari karakteristik T. rex,” kata salah seorang peneliti yang sekaligus ahli paleontologi dari Universitas Edinburgh Skotlandia, Steve Brusatte sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (9/5/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Moncongnya yang panjang itu menarik peneliti untuk meneliti lebih lanjut tentang dinosaurus yang mempunyai nama asli Qianzhousaurus itu.

Qianzhousaurus hidup sekitar 66 juta tahun yang lalu, tidak lama sebelum asteroid yang diyakini mempunyai lebar 6 mil (10 km) menghantam bumi dan memusnahkan dinosaurus serta banyak makhluk lainnya.

“Ini akan menjadi salah satu dinosaurus yang terakhir hidup dan mungkin spesies yang menyaksikan dampak asteroid,” ungkap Brusatte.

Moncong unik Qianzhousaurus yang lebih ramping membuatnya menyukai berbagai macam mangsa daripada tyrannosaurus.

Fosil Qianzhousaurus ditemukan oleh pekerja di lokasi konstruksi di provinsi Jiangxi di Cina selatan.

Qianzhousaurus diperkirakan tinggal di dataran yang cukup basah, subur, dan terdapat banyak macam burung berbulu, yang mirip burung Banji, Ganzhousaurus, Jiangxisaurus dan Nankangia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya