SOLOPOS.COM - Areal yang diduga terdapat-makam bangsawan dari Raja Alexander Agung (telegraph.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Para arkeolog menemukan gundukan makam di utara Yunani dan menemukan sebuah areal permakaman diduga kuat sebagai pintu masuk makam raja dan prajurit di masa pemerintahan Alexander the Great atau Alexander Agung.

Pememuan besar tersebut dipantau secara langsung oleh Perdana Menteri Yunani, Antonis Samaras yang secara khusus mengunjungi lokasi tersebut, Selasa (12/8/29014).

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Pentingnya penemuan tersebut membuat areal pemakaman yang berasal dari tahun 325-300 SM tersebut harus dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Alexander Agung merupakan raja penakluk yang berhasil menguasai wilayah Makadonia, Yunani Utara dan mengembangkan kerajaan hingga membentang jauh ke India. Ia meninggal di tahun 323 SM dan dimakamkan di Mesir.

NBC News, Rabu (13/8/2014), melaporkan arkeolog mempercayai makam yang mereka temukan kali ini berasal dari kaum bangsawan. Hal ini terlihat dari dekorasi dinding yang sangat baik serta beberapa temuan marmer yang terlapisi dengan indah.

Dua singa besar yang ada di depan makam kerap dikaitkan dengan sosok Laomedon, salah satu komandam militer Alexander Agung yang menjadi gubernur Syiria setelah kematian sang Raja.

“Penggalian akan menjawab pertanyaan penting siapakah yang dimakamkan di dalam,” ujar Samaras.

Makam ini diharapkan akan segera dibuka dalam dua minggu ke depan. Sejauh ini beberapa ahli telah diturunkan ke lokasi demi mengungkap misteri di makam kuno tersebut.

Makam kuno tersebut terdapat beberapa barang unik beberapa di antaranya adalah spinx bersayap, makhluk mitologi, patung karakter burung, dan singa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya