SOLOPOS.COM - Peneliti temukan fosil dinosaurus terbesar (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Ilmuwan Argentina mengumumkan telah menemukan fosil dinosaurus terbesar di bumi melebihi jenis T-rex atau stegosaurus. Potongan fosil hewan raksasa ini ditemukan dengan berat yang fantastis, yakni mencapai 100 ton.

Fosil tersebut awalnya ditemukan oleh petani lokal yang kemudian dipublikasikan BBC Nature History untuk penelitian lebih lanjut. Mendengar kabar ini, tim gabungan dari Museum Paleontologi Egidio Feruglio, Argentina langsung melakukan penggalian demi mendapatkan fosil makhluk purba raksasa pemakan daun tersebut.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Sekitar 150 tulang berhasil ditemukan oleh tujuh peneliti dalam kondisi yang masih sangat bagus. Menurut perkiraan terukur, semasa hidupnya, binatang tersebut memiliki panjang tubuh sekitar 40 m dengan tinggi 20 m.

Ekspedisi Mudik 2024

Peneliti mengklaim, makhluk yang mereka temukan merupakan jenis spesies baru titanosauria –jenis dinosaurus sauropoda yang ditandai dengan leher panjang serta ekor dan kepala yang kecil– yang berasal dari periode cretaceous. Fosil ini yang ditemukan memiliki selisih 7 ton lebih besar jika dibandingkan dengan penemuan fosil sebelumnya, yakni argentinosaurus.

Penemuan fosil ini langsung menggugurkan anggapan para ahli yang menganggap argentinosaurus merupakan dinosaurus dengan ukuran tubuh terbesar. Argentinosaurus merupakan jenis dinosaurus terbesar dengan berat 90 kg yang hidup sekitar 90 juta tahun lalu. Sesuai dengan namanya, fosil makhluk ini juga merupakan temukan para ahli paleontologi Argentina.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya