SOLOPOS.COM - Emas yang ditemukan di kapal SS Central America (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah ekspedisi pencarian harta karun berhasil menemukan emas dari bangkai kapal uap SS Central America yang tenggelam di Carolina Selatan, Amerika Serikat tahun 1857 lalu. Pada ekspedisi tersebut mereka berhasil menyelamatkan emas seberat 27 kg dan membawanya ke darat.

Dilansir Daily Mail, Selasa (6/5/2014), saat berlayar di tahun 1857, kapal SS Central America membawa hampir 1.000 ons emas murni. Kapal tersebut karam setelah terhempas badai sehingga menenggelamkan kapal beserta awaknya yang berjumlah 425 orang.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Sebelumnya, emas senilai US$ 50 juta atau senilai Rp575 miliar berhasil terselamatkan melalui ekspedisi yang dilakukan ke bangkai kapal di akhir tahun 1980-an dan 1990-an. Tapi sayang, ekspedisi tersebut harus terhenti setelah terjadi sengketa hukum. Ekspedisi kembali dilanjutkan pada bulan lalu. Odyssey Marine Exploration of Tampa, Florida, Amerika Serikat sebagai pemburu harta karun tersebut mengklaim telah berhasil menyelamatkan sisa-sisa emas yang masih terjebak di dasar laut.

Ekspedisi Mudik 2024

Emas yang mereka temukan meliputi lima emas batangan dan koin emas US$20 Double Eagle. Salah satu dari koin tersebut diketahui dicetak di San Fransisco di tahun yang sama dengan tenggelamnya kapal ini. Emas batangan tersebut memiliki berat antara 106 hingga 344 ons.

“Kami tidak berencana mengambil emas tersebut begitu cepat, terdengar kabar bahwa situs tersebut belum pernah dijangkau sejak terakhir dilihat pada tahun 1992 dan masih ada emas yang tersisa,” kata Mark Gordon, Presiden dan kepala operasi Odyssey.

Lebih lanjut Gordon mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir sebanyak 41 awak kapal Odyssey Explorer telah melakukan survei ekstensif dari bangkai kapal SS Central America sebelum berhasil menemukan emas-emas tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya