SOLOPOS.COM - Ubur- ubur sisir dilihat dengan alat khusus di laboratorium Marine Biosciences, Universitas Florida (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, ORLANDO- Seorang ilmuwan Florida sedang mempelajari otak hewan laut yang mempunyai bentuk sederhana seperi ubur- ubur sisir dapat mengobati Parkinson, Alzheimer dan penyakit gangguan syaraf lain.

Otak ubur- ubur ini tidak seperti otak pada binatang umumnya, tapi terlihat seperti jaringan- jaringan syaraf yang longgar terletak di epidermis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada lebih dari satu cara untuk menyembuhkan gangguan otak,” kata peneliti dari Unversitas Florida, Leonid Moroz, sebagaimana dikutip Reuterszz.

Ekspedisi Mudik 2024

Moroz mengatakan timnya menemukan bahwa molekul ubur- ubur sisir, gen, saraf dan cara pengembangannya berbeda meskipun lebih kompleks dibanding binatang lain.

Penelitian ilmiah telah menyatakan bahwa jaringan saraf sederhana berevolusi sebanding dengan tingkat kompleksitas manusia. Tapi sekarang, ubur- ubur sisir menggunakan neurochemical yang tidak dipunyai binatang lain. zat tersebut dapat menyembuhkan saraf otak pada manusia.

“Semua hewan memiliki zat kimia yang sama tapi hewan ini sama sekali berbeda,” kata Moroz.

Ubur-ubur sisir, misalnya, tidak mengandung dopamin, yang dapat mengakibatkan parkinson. Ia juga dapat mengontrol aktivitas otak serta dapat melakukan regenerasi otak dalam waktu kurang dari empat hari.

“Sekarang kita mengetahui bagaimana caranya untuk membangun sistem saraf dengan cara berbeda,” ujar Moroz.

Moroz mengatakan penyakit otak degeneratif biasanya dapat diobati.

Moroz menilai ubur- ubur sisir dapat menyebabkan kemajuan dalam pengobatan sinitetis dan regenerafit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya