SOLOPOS.COM - Foto dua bulan Pluto (Mirror.co.uk)

Penemuan baru NASA tentang Pluto dipublikasikan

Solopos.com, SOLO – NASA masih menjadikan Pluto sebagai objek menarik untuk diteliti. Teranyar, Badan Penerbangan dan Antariksa milik Amerika Serikat tersebut merilis foto dua bulan Pluto, Nix dan Hydra.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Mirror.co.uk, Rabu (22/7/2015),  mereka berhasil mengidentifikasi dua foto misterius yang diambil dari Pesawat Luar Angkasa New Horizon, melalui Alat Pengambil Gambar Jarak Jauh Luar Angkasa (LORRI).

LORRI merupakan kamera beresolusi tinggi yang berhasil mengambil foto Nix dan Hydra dari jarak sekitar 230 juta kilometer.

Dalam foto tersebut, Nix berbentuk seperti kacang polong, berwarna merah jambu, dan memiliki lubang kawah berbentuk seperti bibir. Nix memiliki ukuran panjang sekitar 42 ribu kilometer dan lebar sekitar 35.000 kilometer.

“Penemuan ini terasa sangat menakjubkan, saya tidak sabar untuk menanti data selanjutnya tentang Nix,” ujar peneliti dari Southwest Research Institute, Carly Howett.

Data yang dimaksud merupakan informasi tentang kandungan material kimia yang terkandung di Nix. Material kimia tersebut diyakini menyebabkan Nix berwarna merah jambu.

Hydra memiliki bentuk yang tak beraturan, berwarna layaknya Bulan, yaitu putih kusam, dan memiliki dua lubang kawah raksasa. Hydra memiliki ukuran panjang sekitar 55.000 kilometer dan lebar sekitar 40.000 kilometer.

“Sepekan sebelumnya, Hydra terlihat seperti setitik cahaya kecil yang buram. Ini benar-benar menakjubkan karena kami mendapatkan gambar Hydra yang jelas. Untuk pertama kali kami bisa mengamati bagaimana bentuk keseluruhan sekaligus permukaan Hydra,” jelas ilmuwan dari RoaneStateCommunity College, Ted Styrk.

Pluto memiliki lima buah bulan. Foto terbaru dua bulan Pluto yang lain, Kerberos dan Styx diperkirakan dirilis pertengahan Oktober mendatang. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya