SOLOPOS.COM - Foto Bumi, Bulan, dan Bulan Mini (Mirror.co.uk)

Penemuan baru NASA mengungkapkan Bumi punya bulan kedua.

Solopos.com, KALIFORNIA –  Bumi punya sebuah asteorit kecil yang mengelilinginya. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengonfirmasi penemuan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

NASA menyebut benda langit yang berdiameter 36,5-91 meter itu dengan julukan “Bulan Kecil’. NASA melihat batu kecil itu mengitari Matahari dalam orbit yang sama dengan Bumi. Bahkan benda itu juga mengitari Bumi seperti Bulan meski karakteristik mereka berbeda.

Seperti dilaporkan Okezone dari Inhabitat, Rabu (22/6/2016),  ilmuwan NASA memperkirakan “bulan kedua” Bumi  ini mungkin lahir sekitar selama 100 tahun lalu.

Benda yang dikenal dengan nama Asteroid 2016 HO3 ini kali pertama terdeteksi pada 27 April oleh Pan-STARRS 1 asteroid survei teleskop di Haleakala, Hawaii, yang dioperasikan oleh University of Hawaii Institut Astronomi.

Meskipun bulan asteroid ini dalam orbit Bumi, mungkin tidak tinggal lama, setidaknya dalam skema besar timeline alam semesta. Orbit asteroid itu sendiri memiliki pola yang unik, melakukan sentuhan maju mundur lambat selama beberapa dekade. Ia diperkirakan akan terus begitu setidaknya hingga beberapa abad ke depan.

Paul Chodas, manajer Center for Near-Earth Object (NEO) Studies at the Jet Propulsion Laboratory milik NASA, menjelaskan bahwa karena jaraknya, bulan baru mini ini adalah ‘quasi-satelit’ Bumi daripada satelit yang sejati seperti Bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya