SOLOPOS.COM - Kawah yang terbentuk di Siberia, Rusia (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Misteri munculnya kawah di Siberia, Rusia kini terkuak. Setelah sebelumnya peneliti mengungkapkan beberapa dugaan seperti hantaman meteorit dan akibat pesawat makhluk luar angkasa (UFO), kini misteri tersebut terjawab sudah. Peneliti Rusia percaya bahwa kawah raksasa yang muncul di Siberia disebabkan karena naiknya suhu di daerah tersebut.

Lubang yang diperkirakan memiliki diameter 80 meter tersebut ditemukan awal pekan ini di sebuah wilayah terpencil di Kota Yamal, Rusia. Andrei Plekhanov, seorang peneliti senior di Pusat Penelitian Ilmiah Arctic, Rusia mengatakan, lubang misterius yang muncul di daerah yang kaya akan gas bumi tersebut kemungkinan adalah hasil dari tekanan tinggi dari bawah tanah. Suhu panas di bawah tanah menyebabkan ledakan hebat dan membentuk sebuah lubang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Daily Mail, Jumat (18/7/2014) melaporkan, bagian hitam yang tedapat di sekitar tepi kawah menunjukkan betapa dahsyatnya ledakan yang terjadi kala itu. Peneliti mengambil sampel tanah, udara, dan air di tempat kejadian yang bersama dengan beberapa ahli dari Kementrian Darurat Rusia.

Ana Kurchatova dari Sub-Arctic Ilmiah Research Centre mengungkapkan bahwa kawah tersebut dibentuk oleh campuran air, garam, dan gas sehingga memicu sebuah ledakan bawah tanah. Gas yang terakumulasi dalam es dapat tercampur dengan pasir di bawah permukaan yang kemudian juga tercampur dengan kandungan garam mengingat pada 10.000 tahun yang lalu wilayah ini adalah laut.

 

Fenomena sinkhole lain di Planet Bumi dapat diakses dengan klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya