SOLOPOS.COM - Batuan mineral unik ditemukan di Australia (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Penemuan baru dilakukan oleh peneliti Australia. Peneliti Australia temukan mineral unik berwarna ungu yang terkubur dalam batu vulkanik di Australia Barat. Mineral tersebut tergolong sulit ditemukan serta memiliki kandungan yang sangat berbeda dengan kristal lainnya yang pernah ditemukan di bumi.

Dikutip Daily Mail, Senin (28/4/2014), mineral ungu itu memiliki stuktur dan komposisi unik serta tak biasa meliputi strontium, kalsium, kromium, sulfur, karbon, oksigen, dan hidrogen. Mineral yang kemudian dinamai dengan putnisite ini memiliki diameter kecil dengan ukuran tak lebih dari satu millimeter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dr Peter Elliott, seorang peneliti mineralogi dari University of Adelaide dan South Australian Museum menyatakan mineral ungu yang tengah ia teliti bersifat sangat rapuh. Ia juga menegaskan batuan tersebut merupakan batuan jenis baru yang berbeda dari 4.000 jenis mineral lainnya di dunia.

Ekspedisi Mudik 2024

Hingga kini mereka masih mempertimbangkan kegunaan dari mineral cantik berwarna ungu ini. Mineral ini kali pertama ditemukan oleh seseorang dari perusahaan pertambangan dan diserahkan pada Dr Elliott untuk dianalisis lebih lanjut.

Dr Elliot kemudian meneliti 12 mineral unik yang tujuh di antaranya merupakan hasil temuannya sendiri. Sebelumnya, dua mineral baru lainnya yakni demerockite dan hylbrownite juga telah ditemukan di Australia Selatan yang dinamai Dome Rock. Mineral baru tersebut kali pertama ditemukan okeh Henry Yorke Kyle Brown di tahun 1882-1912.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya