SOLOPOS.COM - Penemuan kerangka manusia kerdil (Mirror)

Penemuan baru menujukkan spesies manusia yang sebelumnya tidak diketahui.

Solopos.com, JOHANNESBURG – Para ilmuwan Afrika Selatan menemukan tengkorak dan rangka manusia kerdil yang sebelumnya belum pernah diketahui spesiesnya. Manusia tersebut diperkirakan hidup sekitar tiga juta tahun lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim peneliti menemukan rangka tersebut di sebuah gua bawah tanah di Afrika. Setelah merangkainya, diketahui jika semasa hidupnya manusia tersebut hanya memiliki tinggi 121 cm. Tingginya yang tak biasa membuat para ilmuwan bingung.

Lee Berger dari Universitas Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan mengatakan telah menemukan 15 kerangka manusia tersebut. Mereka percaya telah menemukan sebuah suku dengan spesies manusia aneh. Bahkan mungkin mereka telah menemukan rantai kehidupan yang hilang.

Makhluk tersebut menyerupai homo sapiens –seperti manusia modern-, tetapi kehidupan mereka diperkirakan sudah ada sejak 2,8 juta tahun lalu. Dari ukuran tengkorak, kemungkinan makhluk ini berotak kecil dan hidup di sekitar manusia berotak besar.

Ilmuwan juga dibuat bingung dengan keberadaan mereka di gua bawah tanah. Kemungkinan mereka juga melakukan penguburan mayat, jika ada salah satu di antara mereka ada yang meninggal.

“Homo Naledi adalah spesies sebelumnya tidak diketahui. Spesies ini ditandai dengan massa tubuh dan perawakannya mirip dengan manusia kecil tapi dengan endocranial kecil mirip dengan australopith,” demikian tulis peneliti yang tertuang dalam hasil penelitiannya sebagaimana dilansir Mirror.co.uk, Rabu (16/3/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya