SOLOPOS.COM - Penemuan koin dari Bangsa Romawi dan Zaman Besi (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Penemuan harta karun berupa koin dari bangsa Romawi dan zaman besi, sekitar 2.000 tahun lalu, ditemukan di sebuah gua di wilayah Dovedale, Distrik Peak, Inggris. Penemuan ini tergolong sebagai hal yang istimewa mengingat sebelumnya belum pernah tercatat penemuan koin di sebuah gua.

Selama ini, koin dari bangsa Romawi biasa ditemukan dalam sebuah tanah lapang. Karena penemuan harta di dalam sebuah gua bukan hal yang biasa, temuan itu dianggap menarik untuk diteliti lebih lanjut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam penggalian yang telah dilakukan, arkeolog menemukan 26 koin, termasuk di antaranya tiga koin dari bangsa Romawi dan 20 keping koin emas dan perak dari akhir zaman besi yang diduga milik suku Corieltavi. Seorang arkeolog National Trust, Rachel Hall, mengatakan pemilik harta karun tersebut kemungkinan merupakan orang kaya dan berpengaruh di masa lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Koin-koin tersebut memperlihatkan jumlah kekayaan yang besar dan kekuasaan yang dimiliki oleh individu tersebut,” kata Rachel Hall sebagaimana dilansir Daily Mail, Senin (7/7/2014).

Dalam sejarah disebutkan, pada akhir zaman besi, koin tidaklah digunakan sebagai alat pembayaran melainkan untuk simbol kekuasaan. Pertanyaan terbesar yang ada di benak peneliti adalah mengenai kesucian gua yang diyakini oleh manusia yang hidup di zaman besi. Mungkinkah tempat yang dianggap suci membuat beberapa orang di masa lalu menyimpan barang-barang berharga yang ia miliki di dalam gua untuk menjamin keamanan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya