SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stegodon (Wikipedia)

Penemuan baru gading gajah purba ditemukan di Pakistan.

Solopos.com, SOLO – Tim peneliti dari Pakistan berhasil menemukan gading gajah purba (stegodon) yang hidup sekitar 1,1 juta tahun lalu. Gading itu ditemukan di Punjap, Pakistan.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Stegodon adalah nenek moyang dari gajah di masa sekarang yang diperkirakan hidup di bumi sekitar 11 juta tahun lalu hingga akhir periode Pleistosen yang berlangsung hingga akhir Zaman Es sekitar 11.700 tahun lalu.

Gading stegodon yang berhasil ditemukan di Punjap memiliki panjang delapan kaki atau 2,44 meter dengan diameter 20,3 centimeter (cm). Gading dengan ukuran tersebut menjadi penemuan terbesar di negara itu.

Pemimpin penelitian, Profesor Muhammad Akhtar, mengatakan penemuan itu bisa menambah referensi pengetahuan tentang evolusi kehidupan stegodon.

“Penemuan ini menambah pengetahuan kita tentang evolusi stegodon, terutama di wilayah ini. Hal ini juga menyoroti lingkungan seperti apa yang ditempati hewan ini,” tutur Muhammad Akhtar seperti dilansir Emirates247.com, Selasa (16/2/2016).

Sementara itu Dr Gerrit Van Den Bergh, seorang ahli paleontologi di Universitas Wollongong Australia yang telah melakukan penelitian terhadap mamalia kuno di negara itu mengatakan penemuan gading terbaru itu sangat istimewa dan langka.

“Jika Anda memiliki gading lengkap, itu cukup istimewa, mereka cukup langka,” ujarnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya