SOLOPOS.COM - Replika Gualicho Shinyae di Argentina (www.china.org.cn)

Penemuan baru fosil dinosaurus mirip T-Rex ditemukan di Argentina.

Solopos.com, SOLO – Peneliti menemukan fosil dinosaurus mirip T-Rex di Argentina. T-Rex merupakan dinosaurus pemakan daging dan ganas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

The Gualicho Shinyae atau Gualicho, adalah theropoda (salah satu kelompok dinosaurus) berkaki dua, dinosaurus berjenis mirip burung.

Binatang ini membentang sepanjang enam meter dari kepala hingga kaki dengan perkiraan berat badan mencapai 450 kg.

Gualicho menyerupai Tyrannosaurus rex, tapi ia ditemukan di bagian utara wilayah Patagonia Argentina dan bukan kerabat dekat raja dinosaurus.

Dinosaurus ini berevolusi secara independen, nenek moyang bersenjata pendek, merupakan petunjuk yang dapat membantu para peneliti lebih memahami bagaimana hewan punah itu ber-evolusi.

“Ini adalah keturunan yang sama sekali berbeda. Kami hanya membeku ketika menyadari itu,” Sebastian Apesteguia atau Pete, seorang peneliti dari Dewan Riset Teknis dan Ilmu Pengetahuan Nasional Argentina menyampaikan di Buenos Aires sebagaimana dikutip Antara dari AFP, Kamis (14/7/2016).

Penelitian tentang Gualicho dalam jurnal ilmiah Plos One dipimpin oleh Pete dan Ruben Juarez Valieri, spesialis dalam dinosaurus karnivora di provinsi Rio Negro Argentina.

Nama Gualicho diambil untuk menghormati dewa adat lokal dengan kekuasaan atas binatang dan angin. Sementara Shinyae adalah untuk menghormati Akiko Shinya, kepala preparator fosil di Field Museum, Chicago, yang menemukan kerangka lengkap saat bekerja di penggalian.

“Kami menemukan Gualicho di akhir ekspedisi. Ini hari terakhir, anda sebaiknya menemukan sesuatu yang baik!,” lelucon Pete, merujuk Peter Makovicky, kurator dinosaurus dari Field Museum.

Makovicky mengatakan, Gualicho adalah jenis dinosaurus mosaik , memiliki fitur berbeda dari yang biasa terlihat di berbagai jenis theropoda.

“Ini benar-benar tidak biasa, berbeda dari dinosaurus karnivora lain yang ditemukan dalam formasi batuan yang sama, dan itu tidak cocok dengan kategori apapun,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya