SOLOPOS.COM - Celana kuno berusia 3.000 tahun (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah celana kuno berusia sekitar 3.000 tahun berhasil ditemukan di sebuah areal pemakaman China. Penemuan itu sekaligus memunculkan dugaan celana tersebut merupakan celana tertua yang berhasil ditemukan.

Meskipun telah lusuh dan terlihat usang, tapi celana kuno tersebut masih terbilang cukup bagus mengingat usiannya yang sudah sangat tua. Celana berukuran besar itu ditemukan bersama dengan beberapa pakaian kun0 lainnya di dalam sebuah makam di  Yanghai, China.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Penemuan celana kuno tersebut menunjukkan suatu masa ketika orang di masa lalu membutuhkan pakaian jenis baru untuk berkuda sebagai pengganti pakaian jenis jubah yang dirasa tak cocok digunakan untuk menunggang kuda.

Temuan yang dicatat dalam sebuah makalah Kuarter International itu sekaligus memberikan sebuah gagasan bahwa celana tersebut diciptakan oleh penggembala dan dibawa ke wilayah Tarim Basim, China oleh pengunggang kuda yang berasal dari kalangan penggembala atau prajurit.

Dikutip Daily Mail, Senin (2/5/2014), sebenarnya aktivitas menunggang kuda diperkirakan telah ada sejak 4.000 tahun lalu. Hal itu sekaligus mencuatkan sebuah kemungkinan bahwa celana itu bisa berusia lebih tua dari perkiran awal.

Yanghai merupakan sebuah areal makam kuno yang cukup luas berukuran sekitar 540.000 meter persegi. Iklim panas dan kering di daerah tersebut telah membantu mengawetkan mayat, pakaian, maupun artefak lainnya. Sejak penggalian di situs tersebut yang dimulai tahun 1970-an, lebih dari 500 makam telah digali dan menemukan berbagai jenis penemuan penting.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya