SOLOPOS.COM - Foto pluto dengan teknologi inframerah (mirror.co.uk)

Penemuan baru NASA kali ini mengenai Planet Pluto.

Solopos.com, SOLO – Setelah merilis foto dari dua bulan Pluto, Nix dan Hydra, kini National Aeronautics and Space (NASA) membagikan gambar Planet Pluto sendiri. Gambar Pluto itu pun menjadi yang paling anyar di era ini.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Seperti dilansir Mirror.co.uk, Jumat (24/7/2015), foto terbaru Pluto diambil dari Pesawat Luar Angkasa New Horizon melalui Alat Pengambil Gambar Jarak Jauh Luar Angkasa (LORRI). Dalam foto tersebut, Pluto diselimuti kabut tipis yang berasal dari atmosfer planet itu sendiri. Para peneliti yang menganalisa foto Pluto terbaru mengungkapkan ada dua lapisan kabut tipis yang ada di planet itu.

Lapisan kabut tipis pertama berada di ketinggian sekitar 50 mil atau 80 kilometer. Sedangkan lapisan kedua berada di ketinggian sekitar 30 mil atau 50 kilometer.

“Kami disini tahu penelitian tentang Pluto akan menghasilkan banyak kejutan. Dan sekarang kami dapat mengatakan data-data dan penemuan-penemuan baru yang kami dapatkan saat ini telah melebihi harapan,” ujar pejabat NASA, John Grunsfield.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat itu juga menggunakan alat pengambil gambar yang dilengkapi inframerah yang disebut Ralph. Ralph digunakan untuk memberi warna rekaan di foto Pluto NASA.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan para peneliti menganalisa permukaan Pluto yang memungkinkan munculnya penemuan baru. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya