SOLOPOS.COM - (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Lumpur yang terdapat di selokan maupun sungai ternyata dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.

Gjino Sutic dan Martin Malthe Borch dari UR Institute Kroasia dan Biologigragen Denmark mengatakan pemanfaatan buah lemon atau jeruk untuk menghasilkan listrik dengan memasukan kutub katoda dan anoda umum dilakukan di kelas kimia maupun fisika bagi pelajar. Adapun, bakteri pada lumpur atau biasa disebut Soil Based Microbial Fuel Cell (MFC) juga dapat membangkitkan energi listrik.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Terjadinya listrik dalam baterai lumpur ini berasal dari aktivitas bakteri yang ada dalam lumpur. Saat beraktivitas, bakteri akan memproses oksigen di permukaan dan menghasilkan CO2, Elektron dan proton. Elektron dan proton inilah yang ditangkap oleh katoda dan anoda untuk menghasilkan energi listrik,” jelas Borch.

Proses pembuatan model listrik bertenaga bakteri ini terbilang sederhana. Adapun barang yang dibutuhkan ialah toples, lumpur, anoda, kabel dan lampu LED. Secara detil ia menyampaikan bagian anoda yang diletakkan di dasar toples dibuat dengan lapisan tipis karbon yang didapat dengan menggoreskan pensil pada kertas yang sudah dibuat pola lingkaran sesuai dasar toples dan dihubungkan dengan kabel menuju permukaan. Diatasnya diletakkan lumpur yang didapatkan dari dasar sungai atau selokan dan diberi lapisan makanan yang berasal dari sampah dapur.

Sebagai kutub positif digunakan lembaran serat karbon yang telah dihubungkan dengan kabel. Untuk menguji hasil listriknya, kabel dari kutub positif dan negatif dihubungkan dengan LED yang akan merespon energi listrik yang dihasilkan.

“Untuk ukuran toples ini paling hanya menghasilkan ½ volt, makin besar ukuran bagannya makin besar pula potensi energi listriknya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya