SOLOPOS.COM - Mumi 3.000 tahun ditemukan di Mesir (Egypt's Ministry of Antiquities/Live Science)

Arkeolog menemukan mumi di Mesir berusia 3.000 tahun.

Solopos.com, LUXOR – Arkeolog Spanyol menemukan mumi berusia 3.000 tahun di dekat Luxor, Mesir Selatan. Kendati sudah berusia ribuan tahun, mumi tersebut ditemukan dalam kondisi sangat baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mumi itu ditemukan di sebuah makam yang mungkin berasal dari 1075 SM hingga 664 SM di tepi barat Sungai Nil, 700 Km di selatan Kairo.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ditemukan seperti dilansir The Guardian, Minggu (13/11/2016) pekan lalu, mumi tersebut berbalut kain dan plester dan ditempatkan dalam sarkofagus berbahan kayu warna cerah. Mumi dimakamkan di dekat sebuah kuil dari era prajurit Raja Thutmose III.

Kepala tim arkeolog, Myriam Seco Alvarez, mengatakan sarkofagus mumi itu dihiasi dengan dekorasi warna-warni simbol agama dari Mesir kuno seperti Dewi Isis, Nephtys dengan sayap mereka, serta empat anak Horus.

Luxor merupakan kota dengan penduduk 50.000 orang dengan banyak kuil dan makam yang dibangun pada masa firaun (raja Mesir kuno). Situs ini menjadi tempat pariwisata yang kini justru berada dalam ketidakstabilan politik setelah lengsernya Hosni Mubarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya