SOLOPOS.COM - Kapal Columbus (Independent.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Kapal Santa Maria yang digunakan oleh penemu benua Amerika Serikat, Christoper Colombus berhasil ditemukan. Bangkai kapal yang ditemukan di lepas pantai Haiti, Amerika Utara tersebut diduga kuat merupakan kapal yang digunakan Colombus saat melakukan ekspedisi di tahun 1492 silam.

“Geografis, topografi bawah air dan bukti arkeologi sangat menunjukkan bahwa kapal ini merupakan kapal milik Colombus yang terkenal yakni Santa Maria,” ujar pemimpin ekspedisi, Barry Clifford kepada The Independent.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebenarnya, peneliti telah menemukan bangkai kapal tersebut dan memotretnya sekitar 10 tahun lalu, tapi mereka tak mengetahui kapal apa yang mereka temukan. Setelah dilakukan penelitian, barulah terungkap fakta yang sebenarnya kapal bahwa ternyata kapal tersebut merupakan kapal Santa Maria milik Colombus.

Dilansir Huffingtonpost, Selasa (13/5/2014), Kapal Santa Maria milik Colombus berlayar ke lepas pantai Haiti, Amerika Utara sekitar abad ke-11. Colombus beserta timnya membangun sebuah pemukiman kecil untuk berlindung di benua Amerika. Sejak saat itulah pemukiman itu dipercaya menjadi pemukiman pertama orang Eropa di Amerika.

Colombus menamai pemukiman tersebut dengan nama La Navidad yang berati Natal. Ia kembali ke Spanyol dengan meninggalkan 39 awak kapal yang tak bisa termuat dalam kapal. Setelah setahun berlalu, Colombus kembali dengan 17 kapal dengan jumlah awak mencapai 1.200 orang, tapi seluruh kapal dibakar hingga tak satu pun tersisa.

Tahun 2003 peneliti menemukan reruntuhan pemukiman La Navidad di lepas pantai Haiti, yang ternyata juga menyisakan bangkai sebuah kapal. Pemimpin penelitian tersebut, Clifford yakin bahwa bangkai kapal yang ia temukan merupakan kapal Santa Maria peninggalan Colombus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya