SOLOPOS.COM - Arca Putri Duyung yang dtemukan di Bengkulu (Okezone)

Penemuan artefak di Bengkulu berupa arca Putri Duyung.

Solopos.com, BENGKULU — Seorang pekerja bangunan, Kandar, 23, menemukan arca putri duyung di Pantai Berkas. Warga

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Warga  Kelurahan Berkas, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, semula berniat mancing di tepi Pantai Berkas, tak jauh dari rumahnya. Setelah beberapa lama memancing, secara tiba-tiba dirinya terinjak sesuatu dibagian bawah kaki.

Merasa penasaran, dirinya pun langsung menyelami dasar air laut dengan kedalaman sekira dua meter guna memastikan benda tersebut. Betapa kagetnya Kandar, ketika melihat penemuannya itu adalah arca patung mirip putri duyung.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebab, mulanya Kandar menyangkat jika arca patung mirip Putri Duyung itu hanya boneka biasa. Tidak ingin menunggu lama, dirinya pun langsung bergegas pulang ke rumah membawa arca patung mirip putri duyung.

Dari pantauan Okezone, Rabu (1/7/2015), arca patung mirip putri duyung itu, memiliki berat sekira 1,3 kilogram, yang mana patung itu berbahan dari besi kuning. Dengan warna secara keseluruhan mirip warna emas ke kuning-kuningan.

Penghuni Gaib

Pada bagian kepala arca patung mirip putri duyung itu mengenakan mahkota layaknya sang putri. Tidak hanya itu, dibagian telinga kiri dan kanan juga dihiasi dengan anting-anting.

Selain itu, arca patung mirip Putri Duyung itu memiliki rambut sebahu dengan kondisi yang terurai ke belakang. Sementara, kedua tangan arca patung mirip putri duyung itu tengah bertapa yang diletakkan dibagian depan dada.

Untuk bagian bawah tubuh arca patung mirip putri duyung, seperti ekor ikan yang memiliki sisik, ekor ikan, sirip sisi kiri dan kanan. Arca mirip patung putri duyung itu memiliki tinggi sekira 20 cm, dengan panjang sekira 30 cm. Bahkan, arca patung mirip putri duyung itu mengeluarkan bau amis.

”Dia (Kandar) menemukan arca patung mirip putri duyung saat mancing di tepi pantai Berkas,” kata tetangga Kandar, Jhoni, saat ditemui di kediamannya, Rabu (1/7/2015).

Jhoni menceritakan, arca mirip putri duyung tersebut diketahui memiliki penghuni gaib. Seorang perempuan cantik layaknya seorang putri bernama Nyai. Sebab, kata dia, Kandar sempat bertemu dengan sosok putri saat tengah berada di dalam kamar.

”Waktu itu Kandar dan istrinya tengah pergi ke undangan. Tiba-tiba dia sakit perut. Seketika itu dia langsung pulang ke rumah. Saat masuk dalam kamar pribadinya. Kandar melihat sosok perempuan cantik, yang dia pikir istrinya tidak tahunya perempuan itu penghuni arca patung putri duyung,” jelas Jhoni.

Tidak hanya itu, Jhoni berkisah, arca patung mirip putri duyung milik Kandar tersebut, sempat dipindahkan ke rumah orangtuanya. Namun, kata dia, khadam atau penghuni arca mirip putri duyung tersebut kembali ke rumahnya.

”Sosok perempuan penghuni arca mirip putri duyung itu datang lewat mimpi Kandar. Jika dirinya mesti mengambil arca patung mirip Putri Duyung,” kisah Jhoni lagi.

Ia juga menceritakan, sewaktu itu Kandar juga diminta membawa arca patung mirip putri duyung saat matahari ingin tenggelam. Betapa kagetnya, Kandar, saat dirinya membawa ke tepi pantai dirinya melihat mata arca patung mirip Putri Duyung terbuka.

”Saat itu dia dapat mimpi, jika arca disuruh membawa ke laut saat matahari tenggelam. Tapi, saat dilihat matanya membuka dengan sendirinya,” imbuh Jhoni.

Saat ini, lanjut dia, arca patung mirip putri duyung tersebut masih tersimpan dengan rapi di rumah Kandar. Selain itu, tambah dia, arca tersebut mengeluarkan bau amis layaknya bau ikan. ”Arca itu tidak mau dia jual,” pungkas Jhoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya