SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Google/wired.com)

Penemuan amunisi kali ini ada di Mlati, Sleman.

Harianjogja.com, SLEMAN – Ratusan amunisi ditemukan warga di Dusun Cabakan RT 01 RW 31 Sumberadi, Mlati, Sleman akhir pekan lalu. Amunisi yang telah berkarat itu diamankan petugas kepolisian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolsek Mlati Kompol Sarwendo menjelaskan, penemuan amunisi itu dilaporkan kali pertama oleh Robertus Aris, 47, warga Dusun Gancahan Sidomulyo Godean Sleman. Kebetulan pelapor bermaksud membuat septiktank dengan menggali tanah. Tepatnya di halaman seorang warga bernama Panca, di Cabakan RT 01 RW 31. Saat menggali tanah di kedalaman sekitar 50 sentimeter, kemudian menemukan barang yang diduga amunisi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Lalu melapor ke Mapolsek. Kami bersama seluruh jajaran menuju TKP,” ungkap Kapolsek saat dimintai konfirmasi, Minggu (28/6/2015).

Ia menegaskan bahwa benda tersebut amunisi namun telah berkarat, ada beberapa yang keropos. Setelah dihitung amunisi itu berjumlah 120 butir dengan kaliber 7,6 mm. Di dalam tubuh amunisi itu tertera kode 1941 MF. Dari hasil penyelidikan, lahan tempat penemuan amunisi itu, sebelumnya milik seorang Purnawirawan Polri yang sudah meninggal dunia pada 2005.

“Amunisi telah kami amankan di Mapolsek Mlati,” ujarnya.

Sarwendo mengapresiasi warga yang telah melaporkan temuan amunisi tersebut. Karena termasuk bahan peledak yang dapat membahayakan masyarakat. Terutama yang belum mengetahui pemahaman tentang benda tersebut.

“Bagi warga yang menemukan benda serupa agar melapor ke petugas kepolisian agar bisa segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya