SOLOPOS.COM - Roco Gel, obat luka berbahan dasar biji kopi merapi untuk obat luka (dok. Humas UGM)

Penelitian terbaru mengenai manfaat lain biji kopi.

Harianjogja.com, SLEMAN — Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan formula herbal untuk menyembuhkan luka diabetes. Obat luka diabetes tersebut dibuat menggunakan bahan dasar kopi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adalah Diana Octavirena Antaresty, Fakhri Husain, Maulana Supama Putra, Siti Hartinah dan Giovani Oka Putra Caesar yang mengembangkan gel untuk mengobat luka diabetes terinfeksi bakteri yang dinamai dengan Roco Gel.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua tim peneliti, Diana mengatakan kandungan zat aktif pada kopi robusta yaitu kafein dan chlorogenic acid memiliki potensi sebagai zat anti-bakteri. Disamping itu kandungan kedua senyawa tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada penderita diabetes yang terinfeksi Staphylococcus aureus resiten Methicillin (MRSA).

“Pada luka yang dialami penderita diabetes akan semakin parah dan sembuh lebih lama apabila terinfeksi bakteri patogen seperti Staphylococcus aureus resiten Methicillin (MRSA),” urainya, seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima pekan lalu.

Diana menyampaikan dalam pembuatan Roco Gel mereka memanfaatkan kopi yang berasal dari lereng Gunung Merapi. Untuk membuat obat luka diabetes ini, biji kopi yang telah matang disangrai hingga kering kemudian digiling. Selanjutnya hasil gilingan biji kopi diekstrak dibuat dalam sediaan berbentuk gel berbasis gel CMC-Na dengan konsentrasi ekstrak kopi robusta sebanyak  15 persen.
Untuk mengetahui khasiatnya, Roco Gel diujicobakan pada luka biopsy pada tikus wistar yang telah diinduksi diabetes tipe 2. Sebelumnya luka tersebut diinfeksikan bakteri Staphylococcus aureus resiten Methicillin (MRSA).

Selama 14 hari, luka tersebut diolesi gel sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari. Hasilnya, Roco Gel memberikan efek kesembuhan yang lebih baik pada luka.

“Luka pada tikus yang diolesi Roco Gel rutin menunjukan kesembuhan yang lebih baik dari gel untuk luka yang dijual dipasaran” tambah Putra.

Melalui penelitian yang dilakukan di bawah bimbingan Cristhin Marganingsih Santosa ini diketahui gel ekstrak kopi robusta memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus resiten Methicillin (MRSA). Bahkan terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka.

“Roco Gel ini bisa dijadikan alternatif pengobatan luka pada penderita diabetes karena terbukti bisa membunuh MRSA dan mempercepat penyembuhan luka,”pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya