SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Sebuah penelitian di Amerika Serikat yang menyasar karakter pengguna Facebook pada Pemilu Presiden AS 2016 lalu menemukan generasi baby boomers alias orang tua lebih banyak menyebarkan disinformasi dibanding anak muda.

Orang yang berusia 45-65 tahun dan 65 tahun ke atas membagi lima hingga tujuh kali lebih banyak berita palsu (hoaks) dibanding pengguna Facebook berusia 18 sampai 29 tahun.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Analisis tersebut adalah hasil kerja peneliti politik gabungan Universitas Princeton dan Universitas New York. Hasilnya diterbitkan pekan lalu di Jurnal Science Advances.

Menurut Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Septiaji Eko Nugroho alias Zek, hasil penelitian itu tak jauh berbeda dibanding yang terjadi di Indonesia. Orang tua, kata dia, menjadi agen penyebar hoaks terbanyak sekaligus yang paling banyak terpapar.

“Kaitannya dengan hoaks politik, kenapa mereka jadi yang terbanyak karena merekalah pelaku politiknya. Mereka terlibat di isu politik. Anak muda sedikit yang terlibat [politik],” kata dia saat berbincang kepada Solopos.com lewat telepon, Minggu (13/1/2019).

Zek mengatakan orang tua merupakan digital migran yang baru saja menyantap sajian teknologi. Mereka beradaptasi dengan hal baru yang sebelumnya tak pernah dijumpai.

Mereka cenderung percaya hanya pada satu kanal, seperti televisi, radio, dan koran yang merupakan kebiasaan lama di mana teknologi belum semasif sekarang.

“Mereka gagap dengan banyaknya informasi di era post truth ini ditambah dengan polarisasi di masyarakat terkait isu politik, saling mengaplifikasi sehingga rentan dengan disinformasi, berita palsu, dan hoaks,” ucapnya.

Para digital migran itu tak terbatas dari kalangan pendidikan yang kurang atau dengan tingkat ekonomi mapan. Batasnya sumir. Siapa pun mereka, rentan menjadi korban dan pelaku hoaks.

“Pakar sekalipun, mereka mudah terkecoh dengan informasi di luar kepakarannya,” lanjut Zek.

Agar tetap waras di dunia yang makin banjir informasi, Zek meminta masyarakat pandai-pandai mengendalikan diri. Kemudian memahami jalan pasti di rimba belantara informasi dengan berlatih membedakan sumber informasi yang benar dengan yang tidak jelas.

Masyarakat wajib tahu sumber informasi itu atau setidaknya mengecek susunan redaksional situs yang disebarkan. “Informasi dari grup layanan perpesanan enggak boleh dipercaya begitu saja. Cek dan ricek. Kami sendiri berjuang debuxing hoaks lewat media sosial dan situs. Jika ada yang diragukan bisa cek lewat itu,” kata dia.

Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Berliana Widi Scarvanofi, meminta masyarakat tak malas mencari kebenaran informasi dengan bertanya, tidak menyebarkan ulang informasi yang didapat dan memadu informasi dari banyak media.

“Ada banyak pihak yang harus bekerja sama untuk mengatasi ini. Media sosial dan hoaks akan terus ada. Ini adalah tantangan kita bersama. Yang enggak diinginkan adalah hoaks yang beredar sampai membuat jiwa seseorang terganggu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya