Tutup Iklan -->
Penelitian: Jeruk Bisa Tangkal Virus Corona
Pedagang menyortir buah jeruk dari Bali di Pasar Induk Buah dan Sayuran Giwangan, Umbulharjo, Jogja, Kamis (18/7). Banyaknya pasokan buah jeruk dari Bali serta Banyuwangi, Menyebabkan harga buah rata-rata turun Rp. 1000 rupiah perkilogramnya. Harga jeruk dengan kualitas paling bagus sekitar Rp. 8000 perkilogramnya.

Solopos.com, JOGJA — Penelitian yang dilakukan tim dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebutkan jeruk mampu tangkal virus corona.

Dalam penelitian yang berjudul Revealing the Potency of Citrus and Galangal Cobstituents to Halt SARS-CoV-2 Infection yang ditayangkan situs resmi UGM, beberapa kandungan jeruk mampu tangkal corona, virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini.

PDAM Wonogiri Beri Diskon 50% & Layanan Gratis Selama Pandemi Corona

“Dari studi screening secara komputasi menggunakan senyawa-senyawa aktif pada keempat tanaman bahan herbal tersebut diketahui bahwa senyawa pada tanaman jeruk, khususnya hesperidin, memiliki potensi yang paling kuat disusul dengan senyawa pada lengkuas, secang, dan kunyit,” jelas salah satu peneliti Muthi Ikawati, dalam keterangannya di situs Ugm.ac.id, yang dikutip Solopos.com, Sabtu (4/4/2020).

Senyawa di buah jeruk bersifat meningkatkan imunitas. Bahkan, kandungan pada buah yang kaya vitamin C ini mampu menciptakan blokade sehingga menghambat perkembangan virus untuk menginfeksi sel di dalam tubuh manusia.

Prihatin Wabah Corona, Sukarelawan di Wonogiri Bikin Masker Kain Untuk Dibagikan Gratis

Maka dari itu, jeruk sangat direkomendasikan untuk diteliti lebih lanjut mengenai potensinya untuk tangkal virus corona.

“Semua jenis jeruk bisa digunakan karena mengandung hesperidin dalam pemanfaataannya ttidak usah pilih-pilih,” lanjutnya.

Tak Tersedot Covid-19, Anggaran Pilkada dan Pilkades Boyolali Aman

Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. “Riset ini baru di tahap komputasi. Ke depan perlu dilakukan uji lanjutan pada sel, hewan coba, hingga manusia untuk mengetahui efektivitasnya,” tukasnya.

9 Langkah Cegah Corona

Selain jeruk, beberapa langkah di bawah ini dinilai ampuh untuk mencegah tertular virus corona. Seperti yang telah diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Terpukul Wabah Covid-19, Pengusaha Sragen Ini Terpaksa Tutup 4 Rumah Makan

  1. Selalu jaga kebersihan tangan, terutama sebelum memegang mulut, hidung, mata, serta setelah memegang sesuatu di tempat umum.
  2. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik lalu bilas.
  3. Saat mengeringkan tangan, gunakan handuk atau kertas tisu sekali pakai.
  4. Apabila tidak ada fasilitas untuk cuci tangan, gunakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 70-80 persen.
  5. Pastikan menutup mulut ketika batuk dan bersin. Bila diperlukan gunakan masker bila Anda sedang dalam kondisi tidak fit, memiliki penyakit kronik, dan berada di kerumunan orang.
  6. Mematuhi praktik – praktik pengamanan makanan. Beberapa caranya, menghindari daging yang tidak dimasak, menyediakan makanan dengan kondisi sanitasi yang baik dan mencuci buah serta sayuran dengan benar.
  7. Menghindari kontak yang tidak perlu dengan hewan diternakkan, hewan peliharaan, dan hewan liar.
  8. Apabila gejala gangguan pernapasan mulai muncul, segera berobat ke dokter serta menggunakan masker saat mengunjungi fasilitas kesehatan.
  9. Minumlah obat bebas untuk sakit tenggorokan dan demam. Tapi jangan berikan aspirin kepada anak-anak atau remaja yang berusia kurang dari 19 tahun; gunakan ibuprofen atau acetaminophen sebagai gantinya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho