SOLOPOS.COM - Ilustrasi seorang pria yang kesal karena baterai smartphone lemah (golfgpsapp.com)

Penelitian baru berupa bola karbon kecil bisa meningkatkan daya baterai karena terinspirasi alga.

Solopos.com, SINGAPURA — Beberapa peneliti Singapura mencoba untuk meningkatkan kinerja baterai ponsel jenis lithium-ion. Penelitan baru itu dilakukan karena terinspirasi makhluk bersel satu, Alga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana dikutip dari Techradar, Rabu (16/9/20125) sel tunggal yang dimiliki alga bisa tumbuh besar. Tim peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Penelitian Singapura mengembangkan komponen baterai dari karbon yang hampir sama dengan bentuk Alga yang bersel satu.

Pengujian awal menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kinerja baterai ponsel yang lama. Menurut pimpinan tim peneliti Singapura, Xi Li, beberapa mikroorganisme alam seperti diatom dan alga bisa membuat biomineral untuk bahan baterai.

“Beberapa makhluk mikroorganisme bersel satu seperti alga dan diatom bisa membuat biomineral menjadi bentuk  tiga dimensi  dengan kontrol yang sangat besar,” ujar  Xi Li.

Beberapa peneliti Singapura yang dipimpin Lo lalu mengamati alga lalu berusaha melakukan hal yang sama seperti makhluk bersel satu tersebut dengan mengembangkan bola karbon kecil. Bola karbon yang kecil tersebut dibuat dan berperan sebagai anoda atau sumber kekuatan baterai yang diuji.

Beterai hasil insipirasi dari alga memiliki perbedaan besar dalam segi kekuatan daya dibanding sel-sel lithium ion yang biasanya. Baterai baru hasil penelitian tersebut memiliki siklus yang baik dan kerja dengan daya yang lebih maksimal.

Xi Li berharap suatu saat nanti bola karbon yang diteliti bisa digunakan untuk meningkat kinerja baterai yang lebih maksimal lagi. Li memang ingin suatu saat ingin membuat baterai dengan bahan anoda yang bisa memiliki daya yang lebih besar dan tahan lama dibandingkan baterai yang diciptakan menggunakan bahan karbon biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya