SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita stroke (dukehealth.org)

Penelitian baru tentang sebuah helm yang dibuat untuk mendeteksi penyakit stroke.

Solopos.com, GOTHENBURG – Penyakit stroke menjadi salah satu penyakit yang cukup lama untuk dideteksi penyebabnya. Sebuah penelitian baru sedang dilakukan untuk membuat analisis penyebab stroke semakin cepat dan tepat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (18/8/2015), salah satu universitas di Swedia melakukan penelitian baru dengan mengubah fungsi helm menjadi alat pendeteksi stroke.

Helm tersebut dirancang untuk dapat mendeteksi pembekuan darah dan pendarahan pada otak yang bisa mengakibatkan stroke.

Para peneliti sedang menguji helm itu di sebuah Rumah Sakit Sahlgrenska yang berada di University of Gothenburg. Mereka melibatkan 500 orang untuk menguji manfaat helm canggih tersebut.

“Sejauh ini, percobaan helm pendeteksi stroke menunjukkan hasil positif. Namun, kami memerlukan data yang lebih banyak dan akurat untuk memutuskan penggunaan helm ini dalam dunia medis,” kata ahli saraf, Dr. Richard Perry.

Para peneliti mengatakan helm itu dapat mendeteksi penyebab stroke dalam 10 menit. Mereka juga mengatakan helm canggih itu dapat digunakan untuk menangani pasien dalam ambulans.

Mereka berharap helm tersebut mampu meningkatkan penanganan dan mempercepat penyembuhan penyakit stroke. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya