SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi pencipta rasa digital (News.co.au)

Solopos.com, SOLO Siapa yang tak suka es krim? Agaknya hampir setiap orang menyukainya! Namun, pada kenyataanya bnyak orang yang menghindari makan es krim dengan alasan takut gemuk. Sebagaian orang bahkan bermimpi apakah ada cara lain untuk menikmati makanan manis tersebut tanpa khawatir kegemukan. Tak masalah! Kini ada jalan keluarnya!

Seperti dilansir News.com.au, Senin (25/11/2013), peneliti dari National University of Singapore telah mengembangkan sebuah aplikasi digital yang memungkinkan penggunanya untuk menstimulasikan rasa. Aplikasi digital ini jelas tidak memiliki kalori, namun bisa dirasakan oleh bibir pengguna.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memang terdengar cukup rumit,tetapi menurut Nimesha Ranasinghe—sang pembuat aplikasi itu—hal itu sangat sederhana, “ Perubahan kecil dalam getaran dan suhu menghasilkan rasa manis, asin, masam dan pahit di lidah pengguna.”

Tujuan dari pengembangan teknologi ini adalah agar pengguna smartphone atau televisi dapat merasakan makanan tanpa harus memakan makanan tersebut. “Orang yang menderita diabetes mungkin dapat menggunakan synthesizer untuk mensimulasikan sensasi manis tanpa merugikan kadar gula darah mereka yang sebenarnya. Pasien kanker bisa menggunakannya untuk memberikan rasa yang berkurang selama masa kemoterapi,” ujar Ranasinghe.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya