SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LONDON – Royal Society for Public Health dan Young Health Movement (YHM) Inggris menerbitkan laporan baru untuk memeriksa efek positif dan negatif dari media sosial terhadap kesehatan mental kaum muda. Laporan itu termasuk tabel liga platform media sosial sesuai dengan pengaruhnya terhadap kesehatan mental kaum muda.

Dari hasil survei yang telah mereka lakukan, YouTube menduduki peringkat teratas sebagai media sosial paling positif. Posisi kedua diduduki oleh Facebook, dan Instagram yang paling akhir.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Platform berbasis foto ini mendapat poin untuk ekspresi diri dan identitas diri. Namun, itu semua juga berhubungan dengan tingkat kecemasan, depresi, bullying dan Fear of Missing Out (FOMO) atau perasaan “takut ketinggalan”.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, anak muda yang menghabiskan waktunya lebih dari dua jam untuk media sosial kemungkinan untuk mengalami tekanan psikologis lebih besar.

“Melihat teman-temannya secara terus menerus berlibur atau menikmati malam bisa membuat anak muda merasa diri mereka ‘ketinggalan’ sementara yang lain menikmati hidup,” demikian yang dilaporkan para peneliti, melansir Time.com. “Perasaan ini dapat memunculkan sikap ‘membandingkan dan putus asa’,” sambungnya.

Mengunggah konten di media sosial juga dapat membuat seseorang menetapkan harapan yang tidak realistis dan menciptakan perasaan seolah dirinya tidak mampu serta rendah diri.

Kemungkinan hal ini menjelaskan mengapa media sosial Instagram, di mana foto-foto yang diunggah menjadi pusat perhatian banyak orang, menerima nilai terburuk untuk citra tubuh dan kecemasan penggunanya.

“Instagram dengan mudah membuat remaja perempuan dan wanita dewasa merasa seakan-akan tubuh mereka belum cukup bagus karena orang (masih) menambahkan filter dan editan di foto mereka agar diri mereka terlihat ‘sempurna’,” tulis salah satu responden tentang Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya