SOLOPOS.COM - Tikus tak bergigi di Sulawesi (McMaster University - Phys.org)

Tikus tak bergigi di Sulawesi (McMaster University - Phys.org)

JOGJA—Peneliti dari Universitas McMaster Kanada menemukan jenis tikus baru di Sulawesi, Indonesia. Menurut mereka, tikus itu hampir tidak memiliki gigi.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Menurut salah seorang peneliti, Jacob Esselstyn, tikus bernama latin Paucidentomys vermidax itu memakan cacing tanah yang lunak dan mudah dikunyah. Menu makannya itu membuatnya tak memiliki geraham dan hanya mengandalkan gigi seri.

Di dunia terdapat 2.200 spesies tikus yang semuanya memiliki gigi. “Butuh energi luar biasa untuk menumbuhkan energi. Namun jika secara karakteristik gigi tidak begitu perlu, maka akan tereliminasi atau dikurangi karena seleksi alam,” ujar Jacob seperti dilansir Phys.org, Rabu (12/9) waktu setempat.

Menurut Jacob, proses hilangnya gigi dari tikus jenis itu kemungkinan terjadi selama ratusan ribu tahun.

Peneliti menemukan tikus itu dalam ekspedisi di Gunung Latimojong dan Gunung Gandangdewata Sulawesi Selatan. Sebelumnya peneliti dari Universitas McMaster juga menemukan aneka spesies baru di Sulawesi. Salah satunya adalah katak bertaring yang ditemukan Ben Evans pada 2011.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya