Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau tanggul di Latuharhari, Jakarta, Rabu (1/1/2020). (Antara/ Livia Kristianti)

Solopos.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menjadi sorotan publik khususnya di dunia maya. Kali ini, Anies mengundang kontroversi karena proyek revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas).

Netizen melayangkan protes terkait sikap Anies yang mengizinkan penebangan 190 pohon sebagai bagian dari kegiatan revitalisasi kawasan Medan Merdeka, khususnya di sisi Selatan Monas.

Berdasarkan pantauan Bisnis, tagar #4niesHancurkanMonas menduduki daftar trending topic di media sosial Twitter pada Selasa (21/1/2020). Tagar tersebut berisi 19.000 cuitan (tweet) dari warganet.

Begal Pantat di Jatinegara Jaktim Ternyata Laki-Laki Beristri

Sebagian besar isi kicauan #4aniesHancurkanMonas berisi ungkapan kekecewaan terhadap kebijakan Anies menebang hampir 200 pohon rindang di kawasan cagar budaya kebanggaan masyarakat Ibu Kota itu. Rencananya, lahan yang sudah dikosongkan tersebut akan dibangun  menjadi ruang terbuka publik yang juga berfungsi untuk menampung kegiatan pemerintahan, baik pusat maupun daerah.

Penebangan 190 pohon untuk revitalisasi di Monas dinilai sebagai bentuk Pemprov DKI terhadap aturan sendiri: UU 26/007 tentang penataan ruang, Perda 1/2012 tentang RTRW DKI 2030, dan Perda 1/2014 tentang RDTR DKI,” tulis pengguna akun Twitter @AriestaRiico seperti dikutip Bisnis, Selasa (21/1/2020).

Selain mengungkapkan kekecewaan, beberapa netizen juga meminta Pemprov DKI Jakarta transparan terhadap kinerja kontraktor pemenang lelang bertanggung jawab melakukan penebangan pohon tersebut.

What?! Serious kayaknya perlu dicek apakah perusahaan pemenang tender penataan Monas bodong atau enggak,” tulis pengguna akun @Alea7101.

Polemik isu penebangan 190 pohon di Monas tidak hanya bergaung di Twitter, tetapi media sosial Instagram. Para pengguna Instagram memenuhi kolom komentar di akun resmi Bisnis Indonesia @bisniscom.

Sebut Begal Tak Niat Perkosa, Jaksa Agung Dibalas Telak Pengacara Siswa ZA

Lebih dari 300 pengguna menuliskan komentar dalam salah satu unggahan @bisniscom berjudul Anies Tebang 190 Pohon di Monas Demi Formula E. Postingan tersebut tercatat mendapat lebih dari 2.000 likes.

Pasti semua udah direncanakan. Jadi aja belum udah diprotes,” tulis pengguna akun Instagram @syafri_maulana.

Sumber: Bisnis/JIBI


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten