Pendukung Anies Baswedan Capres 2024 Gelar Deklarasi di Semarang

Sukarelawan pendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 menggelar deklarasi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Sabtu, 24 September 2022 - 19:07 WIB Penulis: Adhik Kurniawan Editor: Imam Yuda Saputra | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ketua DPP Anies, Laodes Basir, saat dijumpai wartawan di Kota Semarang, Jateng, Sabtu (24/9/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Sukarelawan pendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 menggelar deklarasi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Deklarasi yang digelar di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (24/9/2022) itu juga turut melakukan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Kota Semarang.

Ketua DPP Anies, Laodes Basir, mengatakan ada sekitar 30 orang yang dilantik menjadi pengurus DPD Anies Kota Semarang. Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan surat keputusan (SK) kepada 30 orang pengurus itu.

“Misi kami menjadi organisasi sukarelawan yang memperjuangkan Pak Anies maju menjadi Presiden 2024. Target kami di tiap kabupaten/kota dapat meraih pencapaian suara pemilih. Tentu, dalam mencapai itu teman-teman punya program kerja, kegiatan, dan bagaimana membangun startegi yang tidak bisa kami jelaskan secara terperinci,” jelas Laodes di Semarang, Sabtu.

Laodes mengaku massa pendukung Anies tersebar di 280 kabupaten/kota dari 28 provinsi di Indonesia. Meski demikian, ia belum bisa memperinci secara pasti jumlah massa Anies di wilayah Jateng.

“Basis massa di Jateng, detailnya sedang kami perinci. Sekarang, fokus kami adalah membentuk kepengurusan. Intinya, pasukannya dulu, pemilihan dan tahapannya nanti,” tegas Laodes.

Baca juga: DPRD Berhentikan Gubernur DKI Anies Baswedan Jelang Berakhirnya Masa Jabatan

Pembentukan DPD Anies Kota Semarang ini diikuti ratusan sukarelawan. Dengan demikian, hingga kini sudah ada kepengurusan sukarelawan Anies yang terbentuk di 18 daerah di Jateng.

“Sampai hari ini sudah ada 18 daerah yang diterbitkan SK. Kalau yang melakukan deklarasi dan terbentuk kepengurusan 35 kabupaten/kota. Tapi, sarat dari DPP belum lengkap. Aturannya [dari DPP], untuk pusat jumlah pengurus 70 orang, wilayah 50 orang, dan kabupaten/kota 30 pengurus,” jelasnya.

Sementara itu, informasi yang diperoleh Solopos.com, pada Sabtu ini ada dua daerah yang menggelar deklarasi dukungan terhadap Anies Baswedan maju sebagai capres 2024. Selain di Kota Semarang, deklarasi kelompok Anies juga digelar di Magelang.

Baca juga: Sukarelawan Anies Baswedan for Presiden Deklarasikan Jawara Banten

Selain itu, pada Minggu (25/9/2022), pendukung Anies juga akan menggelar deklarasi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif