SOLOPOS.COM - Petugas memperlihatkan KTP Elektronik yang baru dicetak di Kantor Disdukcapil Kota Serang, Banten, Rabu (4/3/2020). (Antara-Asep Fathulrahman)

Solopos.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri merilis data kependudukan semester I/2020. Hasilnya jumlah laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan perempuan.

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil setiap tahun menerbitkan sebanyak dua kali data kependudukan nasional. Berdasarkan ata kependudukan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri per 30 Juni sebanyak 268.583.016 jiwa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumlah itu terdiri atas 135.821.768 penduduk laki-laki atau naik sebesar 0,71 persen dibanding tahun lalu. 132.761.248 Penduduk perempuan atau naik 0,82 persen dibanding tahun lalu.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan Jadi Mentor Politik Gibran

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan data kependudukan tersebut dapat digunakan sebagai basis data bagi perencanaan pembangunan. Selain itu untuk alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Dari Semester I/2014 sampai dengan semester I/2020 diketahui jumlah penduduk laki-laki lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk perempuan.

“Namun berdasarkan jenis kelamin, persentase kenaikan per tahun penduduk perempuan lebih besar daripada kenaikan jumlah laki-laki. Kenaikan jumlah penduduk rata-rata per tahun sebesar 0,88 persen,” jelas Zudan Arif Fakrulloh, Dirjen Dukcapil melalui keterangan resminya, Rabu (12/8/2020).

Partai Golkar dan PDIP Resmi Berkoalisi, Airlangga Yakin Gibran Memenangi Pilkada Solo

 

Jawa Barat Terbanyak

Adapun provinsi yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit adalah Provinsi Kalimantan Utara dengan 663.696 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk yang paling banyak adalah Provinsi Jawa Barat, yakni 46.092.205 jiwa.

Untuk tingkat kabupaten/kota yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit adalah Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, dengan jumlah 24.243 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk yang paling banyak adalah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan jumlah 4.790.247 jiwa.

Dari 34 provinsi, terdapat 4 provinsi yang memiliki jumlah penduduk perempuan lebih banyak daripada laki-laki, yaitu DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

Eksotiknya Candi Tersembunyi Selogriyo di Magelang

Sementara itu, dari 514 kabupaten kota terdapat 96 daerah yang memilliki jumlah penduduk perempuan lebih banyak daripada laki-laki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya