SOLOPOS.COM - Julian Assange (Reuters)

Sydney (Solopos.com)–Pendiri situs WikiLeaks, Julian Assange telah menimbulkan kemarahan pemerintah Amerika Serikat dengan merilis ribuan kawat diplomatik rahasia AS. Namun sebuah organisasi nirlaba Australia memberikan penghargaan perdamaian untuk pria itu.

Assange meraih penghargaan itu untuk “keberanian luar biasa dalam mengejar HAM”. Assange mendapatkan medali emas organisasi Sydney Peace Foundation di London, Inggris.

Ini menjadikan Assange sebagai orang keempat yang meraih penghargaan itu dalam 14 tahun sejarah lembaga perdamaian itu. Sydney Peace Foundation berafiliasi dengan Universitas Sydney yang didukung oleh Kota Sydney.

Sebelum Assange, tokoh-tokoh yang menerima penghargaan tersebut termasuk Nelson Mandela dan Dalai Lama.

Assange dipuji sebagai tokoh yang berani mengungkap “Rahasia pemerintah di seluruh dunia yang menyembunyikan fakta yang menjadi hak rakyat untuk mengetahuinya, dan berlangsung sejak berabad-abad lalu”.

“Kami pikir perjuangan untuk perdamaian dengan keadilan pasti melibatkan konflik, dan mau tak mau melibatkan kontroversi,” kata direktur yayasan tersebut, Profesor Stuart Rees seperti dilansir Sydney Morning Herald, Rabu (11/5/2011).

Menurutnya, Assange dan WikiLeaks telah mengungkap fakta sesuai kaidah jurnalistik dan kebebasan informasi dan perjuangan politik.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya