SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London — Perburuan terhadap pendiri Wikileaks, Julian Assange, berakhir. Informasi terbaru, kepolisian Inggris telah menangkap pria berumur 39 tahun itu.

Seperti yang dilansir reuters, Selasa (7/12), berita penangkapan itu diberikan oleh pejabat kepolisian metro London.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belum ada keterangan bagaimana proses penangkapan tersebut. Namun memang ada agenda yang diutarakan oleh pengacara Assange, Mark Stephens, kalau kliennya hendak menemui polisi Inggris.

Ekspedisi Mudik 2024

“Rencana yang saya buat adalah dia (Assange) untuk datang dan bertemu dengan polisi Inggris,” ujar Stephens seperti yang diberitakan AFP.

Di tengah sorotan pembeberan data rahasia kabel Kedubes AS oleh Wikileaks, Assange juga dituntut atas tuduhan kejahatan seksual sewaktu berlibur di Swedia. Atas tuduhan ini, Assange melalui Stephen langsung membantahnya dan menyebut tuduhan itu punya ‘motif politis’.

Stephens memperingatkan organisasi yang didirikan Assange masih memiliki bahan rahasia lain sebagai alat thermo-nuklir untuk disebarkan jika Wikileaks perlu melindungi diri.

Wikileaks kini tengah menggarap pembeberan lebih dari 250.000 kawat diplomatik AS dan pengungkapan informasi rahasia itu mempermalukan pemerintah Amerika Serikat.

Pemerintah AS mengutuk pembeberan oleh Wikileaks, termasuk deskripis blak-blakan para pemimpin dunia dan perintah untuk melakukan aksi mata-mata di PBB, sebagai serangan terhadap masyarakat dunia.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya