SOLOPOS.COM - Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport-McMoRan Inc, Jim Bob Moffett meninggal dunia akibat komplikasi Covid-19 (detikcom)

Solopos,com, JAKARTA--Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport-McMoRan Inc, Jim Bob Moffett meninggal dunia akibat komplikasi Covid-19 di usia 82 tahun. Dia mengembuskan napas terakhir pada Jumat (8/1/2021) di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Putra dari Jim Bob Moffett, Bubba mengatakan ayahnya sudah sakit selama bertahun-tahun sebelum dia terjangkit Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ada 7 Anak-Anak Dan 3 Bayi Dari 62 Manifes Sriwijaya Air Yang Jatuh

"Dia adalah pahlawanku," kata Bubba, yang kini menjadi presiden Crescent Crown Distributing, sebuah perusahaan bir dan minuman di Lousiana dan Texas, dikutip detikcom dari Nola.com, Minggu (10/1/2021).

Mantan Wali Kota New Orleans Sidney Barthelemy (1986-1994) mengatakan Jim Bob telah berjasa membangkitkan kembali perekonomian New Orleans ketika perekonomiannya terdampak penurunan harga minyak dunia. Moffett menyetujui refinancing obligasi senilai US$ 35 juta untuk pekerjaan infrasruktur, taman, dan perpustakaan.

"Dia orang yang baik dan siap membantu. Dia aset yang luar biasa bagi kota ini," kata Barthelemy.

Pantang Menyerah

Bill Goldring, pengusaha minuman keras dari New Orleans dan salah satu orang yang mengenal dekat Jim Bob, mengatakan Jim Bob memiliki kepribadian yang keras dan pantang menyerah.

Jim Bob lahir di Houma, Louisiana pada tahun 1938. Setelah perceraian orang tuanya, ibunya pindah ke Houston membawa Jim Bob dan adiknya ke Houston. Di sana di kuliah di UT dengan beasiswa olahraga football. Dia meraih gelar master di Tulan University, New Orleans.

Pada 1969, Jim Bob mendirikan McMoRan Exploration bersama W K McWilliams Jr and B M Rankin. Pada tahun 1981, McMoran Oil & Gas Co melakukan merger dengan Freeport Minerals Co dan menjadi Freeport-McMoran Copper & Gold Inc.

Pilu, Anak Penumpang Sriwijaya Air Asal Sragen Terus Tanya Keberadaan Sang Ayah

Pada 1972, Freeport-McMoran kemudian membangun tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, yang menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Jim Bob mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Freeport-McMoran pada tahun 2015 setelah investor Carl Icahn mengakuisisi 8,5% saham di Freeport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya