Tutup Iklan

PENDIDIKAN WONOGIRI : Pemkab Janji Kekosongan Jabatan 121 Kepala SD dalam Sepekan Ini

PENDIDIKAN WONOGIRI : Pemkab Janji Kekosongan Jabatan 121 Kepala SD dalam Sepekan Ini

SOLOPOS.COM - Para kepala SD dilantik di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Senin (2/10/2017). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Bupati Wonogiri meminta maaf karena lambat merespons pengisian jabatan 121 kepala SD yang kosong cukup lama.

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri Joko Sutopo meminta maaf atas keterlambatan mengisi 121 jabatan kepala sekolah dasar (SD) yang kosong sejak lama. Sementara itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berjanji mengisi kekosongan 121 jabatan kepala SD itu dalam sepekan ini.

Kekosongan jabatan itu baru diketahui setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan internalisasi, beberapa pekan lalu. Bupati Joko Sutopo meminta maaf karena baru bisa mengambil kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bupati mengatakan hal itu seusai melantik 51 kepala SD di pendapa rumah dinasnya, Senin (2/10/2017). Dia mengaku sudah menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Siswanto, agar segera menggelar proses pengisian posisi kepala sekolah (kasek) dan harus sudah rampung pekan ini.

Bupati yang akrab disapa Jekek itu menegaskan pada masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati, Edy Santosa, proses pengisian jabatan tertentu, termasuk kasek bersih dari praktik transaksi uang serupiah pun. “Maka kepada bapak dan ibu yang diberi tugas baru [sebagai kasek], saya meminta dengan sangat emban tanggung jawab ini sebaik-baiknya, seikhlas-ikhlasnya. Tugas dan tantangan di dunia pendidikan untuk mencerdaskan generasi Wonogiri akan semakin berat,” ucap Bupati.

Pada pengisian posisi kasek kali ini Bupati membuat kebijakan para kasek yang dipilih harus bertempat tinggal dekat dengan sekolah yang menjadi tempat kerjanya. Hal itu supaya kerja kasek lebih efektif.

Sebelumnya tak sedikit kasek bertugas di sekolah yang jauh dari rumah mereka. Hal itu tidak efektif karena waktu kasek bersangkutan akan habis untuk menempuh perjalanan menuju tempat kerja.

“Saya sudah bilang kepada Pak Sis [Kepala Disdikbud], saya tak ingin melihat lagi ada kasek berdomisili di Selogiri yang mendapat tugas baru di Kismantoro. Atau rumahnya di Ngadirojo tetapi mendapat tugas di Karangtengah,” imbuh Bupati.

Sementara itu, Kepala Disdikbud, Siswanto, menginformasikan posisi yang kosong seperti dimaksud Bupati adalah kepala SD. Dia memastikan seluruh posisi kasek yang kosong akan terisi pekan ini.

Disdikbud sudah melakukan proses pengisian kasek secara transparan dan bersih. Sebanyak 121 kasek baru akan dilantik Bupati mulai Senin hingga sepekan ke depan.

“Posisi kasek kosong karena sebagian pensiun dan sebagian lagi masa tugasnya sudah habis. Masa jabatan kasek maksimal 12 tahun selama tiga kali menjabat [sekali menjabat empat tahun],” kata Siswanto.

Salah satu pejabat yang dilantik, Dwiyanto, berjanji akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai Kepala SDN 1 Jatimerto, Ngadirojo. Sebelumnya dia Kepala SDN Gedong 4, Ngadirojo.

Sesuai misinya, Dwi akan lebih memajukan SD yang dikepalainya sekarang. Saat memimpin SDN Gedong 4 berhasil mengantarkan siswanya berprestasi di ajang Olimpiade Matematika tingkat Jawa Tengah pada 2015 lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Work From Bali Pulihkan Ekonomi atau Perparah Pandemi?

Program work from Bali atau WFB yang dimaksudkan untuk memulihkan ekonomi menjadi kambing hitam peningkatan kasus Covid-19.

Begini Komitmen Indonesia Turunkan Angka Pekerja Anak

Indonesia tak lelah berupaya menurunkan angka pekerja anak, tetapi bagaimana sebenarnya wujud komitmen Indonesia menumpas pekerja anak?

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.