PENDIDIKAN WONOGIRI : Pemkab Janji Kekosongan Jabatan 121 Kepala SD dalam Sepekan Ini

PENDIDIKAN WONOGIRI : Pemkab Janji Kekosongan Jabatan 121 Kepala SD dalam Sepekan Ini

SOLOPOS.COM - Para kepala SD dilantik di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Senin (2/10/2017). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Bupati Wonogiri meminta maaf karena lambat merespons pengisian jabatan 121 kepala SD yang kosong cukup lama.

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri Joko Sutopo meminta maaf atas keterlambatan mengisi 121 jabatan kepala sekolah dasar (SD) yang kosong sejak lama. Sementara itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berjanji mengisi kekosongan 121 jabatan kepala SD itu dalam sepekan ini.

Kekosongan jabatan itu baru diketahui setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan internalisasi, beberapa pekan lalu. Bupati Joko Sutopo meminta maaf karena baru bisa mengambil kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bupati mengatakan hal itu seusai melantik 51 kepala SD di pendapa rumah dinasnya, Senin (2/10/2017). Dia mengaku sudah menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Siswanto, agar segera menggelar proses pengisian posisi kepala sekolah (kasek) dan harus sudah rampung pekan ini.

Bupati yang akrab disapa Jekek itu menegaskan pada masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati, Edy Santosa, proses pengisian jabatan tertentu, termasuk kasek bersih dari praktik transaksi uang serupiah pun. “Maka kepada bapak dan ibu yang diberi tugas baru [sebagai kasek], saya meminta dengan sangat emban tanggung jawab ini sebaik-baiknya, seikhlas-ikhlasnya. Tugas dan tantangan di dunia pendidikan untuk mencerdaskan generasi Wonogiri akan semakin berat,” ucap Bupati.

Pada pengisian posisi kasek kali ini Bupati membuat kebijakan para kasek yang dipilih harus bertempat tinggal dekat dengan sekolah yang menjadi tempat kerjanya. Hal itu supaya kerja kasek lebih efektif.

Sebelumnya tak sedikit kasek bertugas di sekolah yang jauh dari rumah mereka. Hal itu tidak efektif karena waktu kasek bersangkutan akan habis untuk menempuh perjalanan menuju tempat kerja.

“Saya sudah bilang kepada Pak Sis [Kepala Disdikbud], saya tak ingin melihat lagi ada kasek berdomisili di Selogiri yang mendapat tugas baru di Kismantoro. Atau rumahnya di Ngadirojo tetapi mendapat tugas di Karangtengah,” imbuh Bupati.

Sementara itu, Kepala Disdikbud, Siswanto, menginformasikan posisi yang kosong seperti dimaksud Bupati adalah kepala SD. Dia memastikan seluruh posisi kasek yang kosong akan terisi pekan ini.

Disdikbud sudah melakukan proses pengisian kasek secara transparan dan bersih. Sebanyak 121 kasek baru akan dilantik Bupati mulai Senin hingga sepekan ke depan.

“Posisi kasek kosong karena sebagian pensiun dan sebagian lagi masa tugasnya sudah habis. Masa jabatan kasek maksimal 12 tahun selama tiga kali menjabat [sekali menjabat empat tahun],” kata Siswanto.

Salah satu pejabat yang dilantik, Dwiyanto, berjanji akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai Kepala SDN 1 Jatimerto, Ngadirojo. Sebelumnya dia Kepala SDN Gedong 4, Ngadirojo.

Sesuai misinya, Dwi akan lebih memajukan SD yang dikepalainya sekarang. Saat memimpin SDN Gedong 4 berhasil mengantarkan siswanya berprestasi di ajang Olimpiade Matematika tingkat Jawa Tengah pada 2015 lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Wadas Purworejo Gugat Ganjar Pranowo ke PTUN Terkait Pembangunan Bendungan Bener

Warga Wadas, Purworejo, merasa dirugikan dengan dikeluarkannya izin penetapan lokasi pengadaan tanah bagi pembangunan Bendungan Bener oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Ini Kegunaan PlasmaHub, Platform Digital Buatan ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS meluncurkan PlasmaHub untuk mempermudah warga mendonorkan plasma konvalesen

Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Malang Dirumahkan

Hotel dan Restoran di Malang terpaksa merumahkan separuh dari total karyawan mereka untuk bisa bertahan sekaligus mematuhi aturan PPKM.

ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Kurban di Wonogiri, Ini Alasannya

Perayaan Hari Raya Iduladha 2021, ITS PKU Muhammadiyah Solo dilaksanakan di Dusun Joho, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogori

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.