SOLOPOS.COM - Seorang guru SMAN 3 Wonogiri menunjukkan aplikasi di HP untuk memantau para siswa yang mengikuti UNBK di kelas, Selasa (11/4/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Pendidikan Wonogiri, guru SMAN 3 Wonogiri bisa mengawasi siswa yang sedang mengikuti UNBK di kelas lewat aplikasi HP.

Solopos.com, WONOGIRI — Titi Handayani mengutak-atik layar gawainya di ruang tata usaha (TU) SMAN 3 Wonogiri, Selasa (11/4/2017) pagi. Melalui layar berukuran 5,2 inci tersebut, terlihat sebuah ruangan berisi para siswa SMAN 3 Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mimik serius terpancar dari wajah para pelajar itu saat memandang layar komputer. Sesekali tampak satu-dua siswa menggeliat untuk mengendurkan otot-otot mereka. Hening menyelimuti ruangan tersebut.

Setelah dirasa cukup, Titi menekan tombol anak panah di sudut kanan layar gawainya. Pemandangan ruangan tersebut menghilang, terganti dengan tiga tulisan di layar gawai milik SMAN 3 Wonogiri tersebut. Dia memencet salah satu tulisan tersebut, seketika pemandangan dengan suasana yang sama terpampang di depannya.

Melihat pemandangan seperti itu, dia menjadi cemas. Kedua alisnya hampir menyatu, keningnya mengerut, dan sorot matanya tajam memandang layar gawai bermerek Samsung tersebut.

“Tak hanya memantau dari layar laptop dan proyektor. Melalui layar gawai ini, kami juga bisa memantau aktivitas para siswa kami yang mengerjakan UNBK [Ujian Nasional Berbasis Komputer],” ujar dia kepada Solopos.com dengan mata masih tertuju di layar gawainya.

Sejak tahun lalu, SMAN 3 Wonogiri menyediakan layanan pantauan UNBK melalui aplikasi XM Eye. Melalui aplikasi tersebut, orang tua atau wali siswa bisa memantau aktivitas anak-anak mereka yang mengerjakan UNBK meski berada di rumah.

XM Eye dapat diunduh melalui Playstore untuk gawai Android. Untuk mengaksesnya, orang tua atau wali siswa diwajibkan memasukkan nama pengguna dan kata sandi di halaman depan aplikasi tersebut.

“Kami menyediakan nama pengguna dan kata sandi bagi orang tua atau wali siswa. Kalau mengakses aplikasi itu di sini, mereka tidak perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi, cukup memencet local login. Banyak juga orang tua siswa yang memanfaatkan layanan ini,” sambung dia.

Terpisah, Waka Kurikulum SMAN 3 Wonogiri, Tri Widodo, mengatakan aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk memantau pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengintip kegiatan belajar mengajar dan aktivitas para siswa di sekolah.

“Ada 48 unit kamera CCTV [closed circuit television] yang disebar di beberapa lokasi. Seluruh CCTV terkoneksi dengan aplikasi ini. Jadi kami bisa memantau seluruh aktivitas siswa dan suasana sekolah selama 24 jam hanya melalui gawai,” kata dia.

Dia menambahkan pantauan melalui CCTV dengan layar gawai tersebut sudah diterapkan sejak Februari 2016. Tri juga mengklaim hanya SMAN 3 Wonogiri yang menerapkan aplikasi tersebut dari seluruh sekolah di Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya