SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Program magang saat ini mengangkat tema “Japanese Socioculture Internship Program” yang berlangsung selama satu bulan.

 

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Harianjogja.com, BANTUL – Empat mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalani magang kerja di Pabrik Hoshiimo, kota Hitachinaka, perfecture Ibaraki, Jepang. Mereka adalah Malida Putri, Rizki Maulina Handini, Syemi Harianti Jayanti dan Tri Joko Purboyo.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Program Studi PBJ UMY, Sonda Sanjaya mengatakan program magang saat ini mengangkat tema “Japanese Socioculture Internship Program” yang berlangsung selama satu bulan. Mereka menjalani magang mulai 9 Januari hingga 7 Februari 2016.

“Ini adalah kerjasama dengan Oarai International Exchange Academy. Jadi pihak Oarai International Exchange Academy yang mencarikan tempat magang dan dormitory, serta menjadwalkan pelatihan bagi mahasiswa kami,” kata Sonda seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (11/2).

Sonda menambahkan sejak datang di Jepang, empat mahasiswa ini sudah bekerja selama 5 hari dengan 8 jam kerja dalam sehari. Mereka juga mendapatkan pelatihan berbahasa Jepang seusai magang.

Pada hari libur, yakni Sabtu dan Minggu mereka biasanya ikut kegiatan lain, seperti study tour ke SMP Migawa dan Universitas Ibaraki yang berada di Kota Mito.

“Jadi selama di Jepang, para mahasiswa tidak hanya melakukan magang kerja, tetapi juga ada program study tour dan pelatihan bahasa Jepang,” jelas Sonda.

Salah satu mahasiswa magang, Malida Putri mengatakan mendapatkan kesempatan memperkenalkan Indonesia di SMP Migawa. Mereka mengenalkan budaya Indonesia dan juga permainan-permainan tradisional yang ada di Indonesia.

“Tidak hanya itu, kami juga mengenalkan kampus UMY kepada para murid,” kata Malida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya